MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN SEBAGAI DASAR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT (Studi Kasus Pada Bank JABAR cabang Utama Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN SEBAGAI DASAR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT (Studi Kasus Pada Bank JABAR cabang Utama Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN SEBAGAI DASAR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT (Studi Kasus Pada Bank JABAR cabang Utama Bandung)
Author: Ibrahim, Nur Hamidah
Abstract: Bank adalah salah satu bentuk lembaga keuangan yang memegang peranan penting dan menjadi tiang penyangga dalam perekonomian nasional. Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit yang diberikan kepada masyarakat atau badan usaha berupa pinjaman dana atau tambahan modal untuk kelancaran usahanya. Untuk menjaga agar pemberian kredit dapat berhasil dengan baik maka beberapa persyaratan yang harus diperhatikan oleh bank antara lain adalah dalam hal pelaksanaan secara konsekuen prinsip-prinsip perkreditan, memiliki kebijakan perkreditan yang baik dan up to date serta harus mempunyai internal kontrol yang baik. Hal tersebut dilakukan agar kredit yang diberikan kepada calon debitur dapat dikembalikan tepat pada waktunya disertai dengan bunga pinjaman yang telah ditetapkan. Salah satu cara yang dilakukan untuk menyeleksi setiap permohonan kredit adalah dengan melaksanakan analisis laporan keuangan perusahaan calon debitur untuk mengetahui keadaan keuangannya. Melalui penerapan analisis rasio laporan keuangan bank dapat memperoleh keyakinan apakah kredit yang diberikan akan dikembalikan tepat pada waktunya atau sebaliknya. Berdasarkan alasan tersebut di atas, penulis mengadakan penelitian yang dilakukan di PT. Bank Jabar cabang utama Bandung yang merupakan bank daerah terbesar di wilayah Jawa Barat dan Banten. Penelitian yang dilakukan pada Bank Jabar adalah untuk mengetahui “Manfaat Analisis Laporan Keuangan Perusahaan Sebagai Dasar Dalam Pengambilan Keputusan Pemberian Kredit”. Metoda penelitian yang digunakan penulis adalah metoda deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan penelitian lapangan berupa wawancara dan kuesioner. Selain itu juga dilakukan penelitian kepustakaan, sedangkan untuk membuktikan hipotesisnya digunakan metode persentase Champion. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap PT. Bank Jabar cabang utama Bandung, dapat ditarik kesimpulan bahwa analisis laporan keuangan bermanfaat dalam pengambilan keputusan pemberian kredit, hal ini dapat dilihat dari persentase jawaban kuesioner sebesar 89,5%. Namun ada hal mendasar yang perlu diperbaiki adalah penerapan prinsip pemberian kredit 7C dan dilakukannya analisis 3R serta keterlibatan auditor eksternal sebagai pihak yang membantu bank dalam melakukan analisis laporan keuangan, hal tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan keakuratan analisis dan meminimalisasi kredit macet terutama untuk kredit dalam jumlah besar.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5997
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.672Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.79Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.31Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.27Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.39Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.65Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.41Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 52.60Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 181.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 74.86Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 144.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.97Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.71Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record