PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) TERHADAP RENTABILITAS BANK ( Studi Survei pada 4 Bank Milik Pemerintah )

Widyatama Repository

PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) TERHADAP RENTABILITAS BANK ( Studi Survei pada 4 Bank Milik Pemerintah )

Show full item record

Title: PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) TERHADAP RENTABILITAS BANK ( Studi Survei pada 4 Bank Milik Pemerintah )
Author: Ocktriany, Nuke
Abstract: Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Loan To Deposit Ratio dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Rentabilitas Bank “. Bank adalah lembaga keuangan yang berfungsi sebagai financial intermediary yang berarti menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman. Dalam memberikan pinjaman kepada masyarakat para pihak pengelola Bank dihadapkan pada pilihan untuk memenuhi dan menjaga kecukupan modalnya, karena modal merupakan faktor yang penting bagi Bank dalam rangka pengembangan usaha dan menampung kerugian. Hal inilah yang menyebabkan Bank tidak leluasa dalam memberikan pinjaman, padahal pemberian pinjaman kepada masyarakat merupakan salah satu pendapatan terbesar Bank yaitu berasal dari pendapatan bunga. Melihat kenyataan ini maka apabila modal yang dimiliki Bank besar maka kemampuan Bank dalam menyalurkan pinjaman juga besar sehingga kemampuannya untuk menciptakan laba juga akan bertambah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari Loan to Deposit Ratio dan Capital Adequacy Ratio terhadap Rentabilitas Bank yang dinyatakan dengan Return on Asset. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data diambil berasal dari sampel pada populasi tersebut. Sampel yaitu Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, dan Bank Tabungan Negara data yang diambil masing-masing adalah 3 tahun, sehingga jumlah sampel secara keseluruhan adalah 12. Pada pengujian hipotesis secara individu diperoleh korelasi parsial antara variabel LDR dengan ROA (r1) sebesar 0,646 dan korelasi parsial antara variabel CAR dengan ROA (r2) sebesar 0,771 hal ini mengandung arti bahwa korelasi antara X1 dan Y serta antara X2 dan Y kuat dan searah, jika X1 dan X2 naik maka akan diiringi dengan kenaikan Y. Hasil uji statistik didapat t hitung untuk b1 sebesar 2,536 dan nilai t hitung untuk b2 sebesar 3,634 kemudian nilai t (α = 0,05, df) tabel adalah 2,262, berarti t hitung untuk b1 dan b2 lebih besar dari t tabelnya. Hal ini berarti secara inidividu LDR dan CAR berpengaruh terhadap ROA. Kemudian dari uji hipotesis ganda didapat nilai F hitung sebesar 6,689 lebih besar dari nilai F tabel yaitu sebesar 4,28 sehingga hipotesis penulis yang menyatakan “Loan to Deposit Ratio dan Capital Adequacy Ratio berpengaruh terhadap Rentabilitas Bank” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5996
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 25.27Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.84Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.00Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.29Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.70Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 114.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 76.76Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 69.63Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.38Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record