“HUBUNGAN EFEKTIVITAS MODAL KERJA DENGAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN” (Studi Survei pada 34 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

“HUBUNGAN EFEKTIVITAS MODAL KERJA DENGAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN” (Studi Survei pada 34 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: “HUBUNGAN EFEKTIVITAS MODAL KERJA DENGAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN” (Studi Survei pada 34 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)
Author: Dwiyanti, Novy
Abstract: Modal kerja merupakan investasi modal perusahaan dalam aktiva lancar yang dapat diuangkan kembali melalui satu siklus operasi yang biasanya berjangka waktu satu tahun. Modal kerja ini digunakan untuk membiayai operasional perusahaan sehari-hari dimana dana yang dikeluarkan diharapkan akan dapat kembali masuk kedalam perusahaan dalam waktu yang pendek melalui hasil penjualan. Dengan modal kerja yang cukup akan menentukan keberhasilan suatu perusahaan untuk mencapai laba yang maksimal. Oleh karena itu, modal kerja sebagai salah satu faktor yang sangat penting bagi keseluruhan keuangan perusahaan memerlukan perhatian yang besar dalam pengelolaannya untuk mencapai tingkat profitabilitas yang diharapkan. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui efektivitas modal kerja, untuk mengetahui profitabilitas dan untuk mengetahui apakah efektivitas modal kerja memiliki hubungan dengan profitabilitas. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu efektivitas modal kerja sebagai variabel bebas dan profitabilitas sebagai variabel terikat. Penulis melakukan penelitian pada 34 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta sebagai objek penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dimana data yang diperoleh selama penelitian ini diolah, dianalisa dan diproses lebih lanjut dengan dasar teori yang telah dipelajari. Data yang digunakan adalah data sekunder. Untuk mengetahui adanya hubungan diantara efektivitas modal kerja dengan profitabilitas digunakan uji statistik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata perputaran modal kerja selama periode analisis adalah sebesar 4,40 dengan standar deviasi sebesar11,35. Sedangkan profitabilitas jika dilihat dari Return on Investment secara rata-rata adalah sebesar 8,71% dengan standar deviasi 7,57%. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 0,084+0,001X. Persamaan ini menunjukkan bahwa setiap terjadi perubahan 1 unit pada efektivitas modal kerja (perputaran modal kerja) maka tingkat profitabilitas (ROI) akan berubah sebesar 0,001 unit. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak dan itu berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antar efektivitas modal kerja dengan profitabilitas. Saran yang diberikan oleh penulis adalah perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan proporsi besarnya penjualan dengan total aktiva, sehingga tidak terjadi kekurangan maupun kelebihan modal kerja. Perusahaan sebaiknya mengelola komponen-komponen modal kerja secara efektif dan efisien sehingga profitabilitas perusahaan dapat dicapai dengan baik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5995
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 59.11Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.30Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.03Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.54Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.00Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.34Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.64Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 49.86Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 97.99Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 61.14Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 82.35Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.94Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.10Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record