PENGARUH ANGGARAN PENDAPATAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENDAPATAN SEWA KAMAR (Studi Kasus pada Hotel Dyan Graha di Pekanbaru-Riau)

Widyatama Repository

PENGARUH ANGGARAN PENDAPATAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENDAPATAN SEWA KAMAR (Studi Kasus pada Hotel Dyan Graha di Pekanbaru-Riau)

Show full item record

Title: PENGARUH ANGGARAN PENDAPATAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENDAPATAN SEWA KAMAR (Studi Kasus pada Hotel Dyan Graha di Pekanbaru-Riau)
Author: Elfina, Mona
Abstract: Dewasa ini setiap perusahaan didirikan dengan tujuan untuk memperoleh laba disamping beberapa tujuan lainnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, makasemua kegiatan yang akan dilaksanakan harus direncanakan dengan baik. Semakin ketatnya persaingan dan semakin kompleksnya masalah dewasa ini menyebabkan banyak kegiatan yang harus dilaksanakan dengan perencanaan yang cermat, pengkoordinasian dan pengendalian yang tepat agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Anggaran / bussines budget adalah salah satu bentuk dari berbagai rencana menyeluruh yang mungkin disusun oleh perusahaan. Salah satu bentuk anggaran adalah anggaran pendapatan. Anggaran pendapatan berisi rencana keuangan yang menunjukkan jumlah pendapatan, digunakan untuk pedoman dalam melakukan kegiatan, alat untuk mengevaluasi hasil penerimaan pendapatan pada akhirnya harus dinilai dari perencanaan dan pengendalian pendapatan yang diterima oleh perusahan. Dalam penyusunan skripsi ini, yang menjadi objek penelitian adalah Pengaruh Anggaran Pendapatan Terhadap Efektivitas Pengendalian Sewa Kamar. Penulis memilih Hotel Dyan Graha Pekanbaru sebagai tempat objek penelitian. Karena dalam aktivitasnya meliputi pemberian jasa dan perdagangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyusunan anggaran pendapatan sudah efektif dan apakah anggaran pendapatan tersebut berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian pendapatan sewa kamar. Hipotesis yang dirumuskan adalah “Anggaran Pendapatan dilaksanakan secara memadai akan berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian pendapatan”. Metode yang digunakan penulis adalah menggunakan metode deskriptif dalam bentuk studi kasus, yaitu suatu metode yang berusaha untuk menggambarkan keadaan yang terdapat diperusahaan berdasarkan fakta nyata situasi yang diteliti. Dengan teknik pengumpulan data, yaitu kuesioner, wawancara dan observasi. Dalam penelitian pendapatan Hotel Dyan Graha tahun 2004 adalah sebesar Rp 1.99 2.485.000,- sedangakan realisasi yang sesungguhnya setelah diskon sebesar Rp 2.000.018.000,- berarti realisasi lebih besar daripada yang dianggarkan. Selisih ini merupakan selisih yang menguntungkan (Favourable Variance) sebesar Rp 7.533.000,- atau sebesar 0,58%. Penulis dapat menyimpulkan bahwa anggaran pendapatan yang dilaksanakan pada hotel Dyan Graha sudah baik dan memadai sehingga hipotesis yang penulis kemukakan dapat diterima. Setelah melakukan penelitian dan memperoleh fakta-fakta, maka penulis memberikan saran yang diharapkan dapat menjadi masukan untuk meningkatkan efektivitas pengendalian pendapatan sewa kamar pada Hotel Dyan Graha yaitu bahwa anggaran yang dibuat bukan hanya melihat data pada saat ini tetapi juga harus mempertimbangkan anggaran-anggaran terdahulu dan juga memperkirakan faktor-faktor pendukung lainnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5989
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.482Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.73Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.25Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 32.79Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.11Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.19Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.53Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.82Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 74.41Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 49.58Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 63.04Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.57Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.40Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record