KONTRIBUSI PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BESARNYA BELANJA PEMBANGUNAN DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Garut)

Widyatama Repository

KONTRIBUSI PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BESARNYA BELANJA PEMBANGUNAN DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Garut)

Show full item record

Title: KONTRIBUSI PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BESARNYA BELANJA PEMBANGUNAN DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Garut)
Author: Gamaludin S, Mochamad
Abstract: Skripsi ini berjudul “Kontribusi Pendapatan Asli Daerah Terhadap Besarnya Belanja Pembangunan Daerah” (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Garut). Dengan tujuan untuk melihat ada tidaknya kontribusi/sumbangan Pendapatan Asli Daerah terhadap Besarnya Belanja Pembangunan Daerah. Dengan menggunakan metode deskriftif, penulis berusaha untuk memecahkan masalah-masalah melalui data-data yang dikumpulkan untuk kemudian diolah, dianalisis dan diproses lebih lanjut. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Pembangunan Daerah. Ini mengandung arti bahwa diantara Pendapatan Asli Daerah dengan Belanja Pembangunan Daerah mempunyai hubungan searah. Pengujian tersebut dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dengan persentase rata-rata sebesar (70,18%) diiringi oleh Peningkatan Belanja Pembangunan Daerah dengan persentase rata-rata sebesar (62,93%) yang bertanda positif, artinya setiap perubahan/kenaikan pada nilai variabel independen maka akan berbanding lurus dengan perubahan/kenaikan pada nilai variabel dependen. Selain itu penelitian ini juga menunjukan bahwa adanya kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap besarnya Belanja Pembangunan Daerah sebesar (72,56%). Hal ini menggambarkan adanya kontribusi yang cukup tinggi dari Pendapatan Asli Daerah terhadap besarnya Belanja Pembangunan Daerah Kabupaten Garut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis mencoba memberikan saran yang mungkin dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan masukan yaitu upaya intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah yang potensial ditingkatkan dalam rangka mewujudkan eksistensi daerah melalui kemandirian dalam bidang pendanaanya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5988
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.52Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.43Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 23.56Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.92Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.39Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.33Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 42.28Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 66.42Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 80.66Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 72.76Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.20Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.21Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record