PERANAN ANGGARAN PENJUALAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PENJUALAN PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PDAM TIRTA PATRIOT KOTA BEKASI)

Abstract
Secara umum tujuan didirikannya perusahaan adalah untuk mencari laba yang berguna untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut diperlukan suatu perencanaan yang matang serta cara pengendalian yang memadai, sehingga dapat diketahui hasil pelaksanaan dari rencana. Sebagai alat bantu untuk perencanaan dan sebagai alat pengendalian adalah anggaran. Anggaran merupakan alat bantu manajemen dalam mengendalikan kegiatan perusahaan. Yang menjadi objek penelitian ini adalah anggaran penjualan pada PDAM TIRTA PATRIOT Kota Bekasi yang hasilnya dituangkan dalam skripsi berjudul “Peranan Anggaran Penjualan Terhadap Efektivitas Pengendalian Perusahaan”. Penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana efektivitas penyusunan anggaran penjualan pada PDAM TIRTA PATRIOT, bagaimana efektivitas pengendalian penjualan pada PDAM TIRTA PATRIOT. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analitis, yaitu penyidikan dengan cara mengumpulkan data yang sesuai dengan keadaan penelitian yang sebenarnya serta memberikan gambaran mengenai masalah yang ada pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang sesuai dengan keadaan penelitian yang sebenarnya serta memberikan gambaran mengenai masalah yang ada pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan (Library research). Untuk pengujian hipotesis yang diajukan, dihitung dengan menggunakan persentase dengan menggunakan metode Champion. Hasil pengujian hipotesis yang didapat adalah 81% untuk perhitungan penyusunan anggaran penjualan. 76% untuk perhitungan efektivitas pengendalian penjualan, 80% untuk perhitungan peranan anggaran penjualan terhadap efektivitas pengendalian penjualan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penyusunan anggaran penjualan efektif, pengendalian penjualan efektif dan anggaran penjualan berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian penjualan perusahaan. Penulis memberikan saran sebaiknya perusahaan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan peningkatan kinerja perusahaan serta menetapkan target perencanaan yang lebih baik artinya angka-angkanya bisa mendekati realisasi yang diterima perusahaan, sehingga tidak menyimpang jauh antara target dengan realisasi.
Description
Keywords
Penjualan
Citation