FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM UPAYA MENEKAN KEMUNGKINAN TERJADINYA KREDIT MACET (Studi survei pada Beberapa Bank Perkreditan Rakyat di Bandung Raya)

Widyatama Repository

FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM UPAYA MENEKAN KEMUNGKINAN TERJADINYA KREDIT MACET (Studi survei pada Beberapa Bank Perkreditan Rakyat di Bandung Raya)

Show full item record

Title: FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM UPAYA MENEKAN KEMUNGKINAN TERJADINYA KREDIT MACET (Studi survei pada Beberapa Bank Perkreditan Rakyat di Bandung Raya)
Author: Astuti, Mieta Diah
Abstract: Salah satu sektor yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi adalah sektor perbankan. Hal ini disebabkan salah satu fungsi utama bank sebagai suatu wahana yang dapat membantu menyediakan dana investasi bagi pembangunan nasional dengan cara mengumpulkan dan menghimpun dana masyarakat lewat tabungan, deposito, dan giro yang kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pemberian kredit. Kredit macet adalah bagian dari kehidupan bisnis perbankan. Walaupun kasus kredit macet bukan hal baru bagi dunia bisnis perbankan namun apabila tidak ditangani secara professional, kredit tersebut akan membawa dampak yang merugikan, baik bagi bank yang menghadapinya maupun bagi kehidupan ekonomi bangsa. Untuk mengatasi masalah tersebut di atas maka audit internal sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar prosedur pemberian kredit yang dibebankan dapat berjalan dengan baik. Fungsi audit internal yang meliputi pengukuran dan penilaian atas efisiensi operasional perusahaan. Jadi efektifitas operasional perusahaan sangat dipengaruhi oleh aktivitas audit internal yang dilakukan di dalam suatu perusahaan. Berdasarkan latar belakan penelitian di atas, penelitian ini membahas mengenai fungsi audit internal dalam upaya menekan kemungkinan terjadinya kredit macet. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi survei yaitu penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara factual, baik tentang institusi sosial, ekonomi, atau politik dari suatu kelompok ataupun suatu daerah. Metode survei membedah dan meneliti serta mengenal masalah-masalah serta mendapatkan pembenaran terhadap keadaan dan praktikpraktik yang sedang berlangsung pada beberapa Bank Perkreditan Rakyat di Bandung yaitu PT. BPR SINAR MAS PELITA, PT. BPR ARTHAGUNA MANDIRI dan PT. BPR SAGITARIUS PEMBANGUNAN. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa audit internal pada 3 (tiga) BPR di Bandung mempunyai fungsi dalam menekan terjadinya kredit macet yang tinggi. Dari hasil perhitungan statistik diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,742 yang berarti adanya hubungan yang kuat antara audit internal dan menekan kredit macet. Sedangkan audit internal berfungsi terhadap menekan kredit macet sebesar 55% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat t hitung sebesar 6,059 lebih besar dari t tabel sebesar 2,042, maka hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5986
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.722Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.98Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 32.19Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 25.25Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 135.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 76.19Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 139.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 37.75Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.81Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record