ANALISIS KORELASI GAYA KEPEMIMPINAN DENGAN PENERAPAN PENGANGGARAN PARTSIPATIF (Studi Kasus pada PT. Industri Telekomunikasi (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS KORELASI GAYA KEPEMIMPINAN DENGAN PENERAPAN PENGANGGARAN PARTSIPATIF (Studi Kasus pada PT. Industri Telekomunikasi (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS KORELASI GAYA KEPEMIMPINAN DENGAN PENERAPAN PENGANGGARAN PARTSIPATIF (Studi Kasus pada PT. Industri Telekomunikasi (Persero) Bandung)
Author: Valencia, Merrida
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan seperti apa yang digunakan oleh pimpinan/kepala divisi di PT.INTI (Persero), dan tingkat partisipasi manajer dalam proses penyusunan anggaran, serta untuk mengetahui apakah ada hubungan atau korelasi antara kedua variabel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan metode statistiknya menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner, wawancara, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala divisi/pimpinan di PT.INTI (Persero) Bandung sangat berorientasi hubungan. Tingkat partisipasi para manajer dalam proses penyusunan anggaran termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. Dari perhitungan statistik dapat diketahui bahwa antara gaya kepemimpinan dengan penerapan penganggaran partisipatif mempunyai hubungan yang kuat dan searah, dengan koefisien determinasi sebesar 58%. Selanjutnya pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t, hasil yang diperoleh adalah t-hitung lebih besar daripada t-tabel (3,52 > 1,833) maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara gaya kepemimpinan dengan penerapan penganggaran partisipatif.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5985
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.66Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 23.09Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.03Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.34Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.40Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.89Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.33Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 57.00Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 80.84Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 74.43Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 115.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.51Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.45Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record