MANFAAT PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PEMBERIAN KREDIT DALAM UPAYA MENEKAN KREDIT MACET (Studi survei pada 2 Bank BUMN di Kotamadya Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PEMBERIAN KREDIT DALAM UPAYA MENEKAN KREDIT MACET (Studi survei pada 2 Bank BUMN di Kotamadya Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PEMBERIAN KREDIT DALAM UPAYA MENEKAN KREDIT MACET (Studi survei pada 2 Bank BUMN di Kotamadya Bandung)
Author: Sari, Maya
Abstract: Pada tahun 1997 terjadi krisis moneter dimana nilai tukar rupiah melemah. Krisis moneter ini mengakibatkan perusahaan tidak dapat membayar kredit kepada Bank akibatnya Bank Indonesia (Pemerintah) melakukan likuidasi dan merger untuk menyehatkan perbankan dan perkembangan ekonomi nasional secara keseluruhan, akibatnya terjadi kredit macet pada beberapa Bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manfaat Pengendalian atas pemberian kredit yang diterapkan oleh 2 (dua) Bank BUMN di Kotamadya Bandung yaitu PT. BTN (Persero) JL. Jawa No 7 Cab.Bandung dan PT. BRI (Persero) Jl Buahbatu No. 276 Cab. Buahbatu Bandung dalam upaya menekan terjadinya kredit macet serta untuk mengetahui apakah operasional perusahaan telah efektif dan efisien, laporan keuangan telah memadai dan ketaatan pada peraturan yang berlaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan survei. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner, wawancara, pengamatan langsung ke beberapa Bank dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manfaat Pengendalian atas pemberian kredit yang diterapkan oleh 2 (dua) Bank BUMN di Kotamadya Bandung dalam usahanya untuk menekan terjadinya kredit macet telah memadai, hal ini dapat dilihat dari NPL (Non Perfermonce Loan) dibawah 5 % yang sesuai dengan ketetapan Bank Indonesia dan dari hasil Rekapitulasi kuesioner menunjukan nilai rata-rata sangat tinggi yaitu sebesar 4,34 artinya operasional pemberian kredit berjalan dengan efektif dan efisien, laporan keuangan telah memadai dan ketaatan pada peraturan yang berlaku.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pengendalian internal atas pemberian kredit yang diterapkan pada 2 (dua) Bank BUMN di Kotamadya Bandung yaitu PT. BTN (Persero) Cab. Bandung dan PT. BRI (Persero) Cab. Buahbatu Bandung telah memadai sehingga kredit macet dapat diminimalkan. Diharapkan kondisi ini dapat dipertahankan serta dalam pengelolaan kredit pada saat Pra realisai kredit, realisasi kredit dan pasca kredit harus lebih analitis dan objektif lagi sehingga NPL (Non Perfermonce Loan) dapat lebih kecil.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5984
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 39.15Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 74.64Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 59.01Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 57.14Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 54.07Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 68.27Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 36.57Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 55.26Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 142.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 347.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 406.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 72.15Kb PDF View/Open
Datar Pustaka.pdf 53.50Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record