EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MEMPERLANCAR PENGGUNAAN KARTU PLASTIK (KARTU DEBIT DAN KARTU KREDIT) (Studi Kasus pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Regional Card Center Balikpapan)

Widyatama Repository

EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MEMPERLANCAR PENGGUNAAN KARTU PLASTIK (KARTU DEBIT DAN KARTU KREDIT) (Studi Kasus pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Regional Card Center Balikpapan)

Show full item record

Title: EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MEMPERLANCAR PENGGUNAAN KARTU PLASTIK (KARTU DEBIT DAN KARTU KREDIT) (Studi Kasus pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Regional Card Center Balikpapan)
Author: Firmansyah, Irvan
Abstract: Judul dari penelitian ini adalah efektivitas pengendalian internal dalam memperlancar penggunaan kartu plastik. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengendalian internal yang didukung oleh sistem pengolahan data elektronik sehingga dapat memperlancar penggunaan kartu plastik yang dilaksanakan pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Regional Card Center (RCC)/Cabang Balikpapan. Penelitian ini dilaksanakan dengan studi kasus, wawancara dan pengamatan langsung. Selain itu penulis juga melakukan analisis pengolahan data dengan membandingkan teori yang ada dengan kenyataan di PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Regional Card Center (RCC)/Cabang Balikpapan dan melakukan pembagian kuesioner tentang efektivitas pengendalian internal. Pengolahan transaksi kartu plastik di PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Regional Card Center (RCC)/Cabang Balikpapan telah melaksanakan Efektivitas Pengendalian Internal dengan didukung oleh Sistem Pengolahan Data Elektronik yang memadai sehingga dapat memperlancar penggunaan Kartu Plastik. PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. menetapkan sentralisasi terhadap semua kegiatan yang terkait dengan kartu plastik, artinya cabang tidak melakukan pengolahan data elektronik kartu plastik dan pengolahan data elektronik hanya terjadi pada kantor pusat. Periode yang diambil dalam penelitian ini adalah selama bulan November 2007 sampai dengan bulan Maret 2008. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Pengendalian Internal dapat memperlancar penggunaan kartu plastik, hal ini berdasarkan hasil dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan melalui kuesioner kepada pihak-pihak yang berhubungan dengan permasalahan tersebut dan berdasarkan tanya jawab, dimana hasil pertanyaan-pertanyaan melalui kuesioner tentang Efektivitas Pengendalian Internal yang didukung oleh sistem pengolahan data elektronik menghasilkan nilai 89,75% dari seluruh jawaban para responden menjawab ya, yang berarti bahwa pengendalian internal yang dilakukan sudah efektif dan Sistem Pengolahan Data Elektronik dapat menghasilkan informasi yang dapat dipercaya dan dapat memperlancar penggunaan kartu plastik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5975
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 43.14Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.36Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 40.56Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 69.65Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.35Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 33.79Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 33.67Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 89.15Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 362.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 119.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 181.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.67Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 43.58Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record