PERAN KONTRIBUSI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah XXIII Padalarang)

Widyatama Repository

PERAN KONTRIBUSI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah XXIII Padalarang)

Show full item record

Title: PERAN KONTRIBUSI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah XXIII Padalarang)
Author: Anggadibya, Intan Megasari
Abstract: Faktor penunjang berjalannya sistem pemerintahan, pemerataan kesejahteraan serta sarana dan prasarana bagi masyarakat, dalam hal ini pemerintah memberlakukan adanya pungutan berupa pajak yang harus dilaksanakan oleh masyarakat. Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, daerah memungkinkan untuk bisa mengolah, dan menyalurkan pajak menurut ketentuan Undang-undang yang berlaku. Dalam konteks ini, Provinsi Jawa Barat memberlakukan pungutan pajak daerah yang terdiri dari berbagai macam jenis pajak, salah satunya yaitu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Dinas atau lemgaga yang ditunjuk langsung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari 31 Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD), yang salah satunya yaitu UPPD Provinsi Wilayah XXIII Padalarang. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui besarnya pajak kendaraan bermotor serta perannya terhadap pendapatan asli daerah, dengan menggunakan Metode Deskriptif dengan pendekatan studi kasus, penulis berusaha memecahkan masalah melalui data-data yang dikumpulkan untuk kemudian diolah dan dianalisis. Pada UPPD Provinsi Wilayah XXIII Padalarang, pajak yang diberi wewenang oleh Pemerintah antara lain Pajak Kendaraan Bermotor. Disini, “Peran kontribusi Pajak Kendaraan Bermotor terhadap Pendapatan Asli Daerah” sangatlah signifikan, pajak kendaraan bermotor merupakan pendapatan daerah yang cukup besar kontribusinya dibanding dengan pajak-pajak yang lain, karena sektor ini memberikan peranan yang sangat penting bagi pendapatan asli daerah, yaitu meningkatnya pendapatan asli daerah yang gunanya untuk membiayai berbagai macam penyelengaraan pembagunan daerah. Besarnya jumlah pajak kendaraan bermotor pada UPPD Provinsi Wilayah XXIII Padalarang secara keseluruhan sudah maksimal, dengan besarnya jumlah yang diperoleh tersebut akan dapat lebih meningkatkan pendapatan daerah yang bisa digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan daerah. Hal ini dapat dilihat dari kontribusi Pajak kendaraan bermotor berdasarkan target yang telah ditentukan oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat untuk tahun 2005 dari bulan Februari sampai dengan bulan Desember yaitu sebesar : 28,62 %; 45,43 %; 61,87 %; 78,40 %; 94,96 %; 112,70 %; 130,64 %;147,62 %; 166,79 %; 149,69 %; dan 162,50 %. Dari kontribusi tersebut dapat dilihat bahwa UPPD Provinsi Wilayah XXIII Padalarang sudah maksimal dan memenuhi target yang telah ditentukan sebelumnya oleh Dispenda, meskipun pada bulan Januari tidak ada kontribusi karena tidak adanya target, tapi UPPDP Wilayah XXIII Padalarang sudah mampu memenuhi kebutuhan daerahnya khususnya dalam kegiatan penyelenggaraan Pembangunan Daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5973
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.31Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.63Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.46Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 24.91Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.52Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.41Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.89Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 83.55Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 45.52Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 95.61Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.93Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.44Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record