PERANAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi kasus pada Rumah Sakit Kebonjati Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi kasus pada Rumah Sakit Kebonjati Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi kasus pada Rumah Sakit Kebonjati Bandung)
Author: Irawan, Henry
Abstract: Dengan semakin berkembangnya suatu perusahaan, semakin bertambah pula masalah yang dihadapi perusahaan. Keberhasilan suatu perusahaan antara lain ditunjang oleh kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang optimal, untuk mencapai tujuan itu, maka diperlukan perencanaan dan pengendalian serta permodalannya, dimana unsur modal kerja yang paling likuid adalah kas. Besar kecilnya persediaan kas dalam perusahaan bukanlah merupakan tolok ukur terhadap kemajuan dan keberhasilan suatu perusahaan. Tetapi kurangnya kas dalam perusahaan dapat menimbulkan dampak yang kurang baik, karena dapat menghambat kelancaran aktivitas perusahaan, dengan demikian sebaliknya jika terjadi kelebihan kas dapat mengakibatkan adanya idle cash. Untuk itu, perlu adanya pengendalian kas agar keseimbangan kas terjamin sehingga aktivitas perusahaan berjalan dengan lancar, salah satu faktor alat bantu manajemen yang berguna untuk perencanaan dan pengendalian adalah dengan menyusun dan melaksanakan anggaran kas dalam perusahaan. Dengan adanya anggaran kas ini, maka perusahaan dapat memperoleh informasi yang berguna mengenai pola penerimaan dan pengeluaran kas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, yaitu suatu metode penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan data sesuai dengan keadaan yang sebenarnya serta memberikan gambaran dan analisis mengenai masalah-masalah yang ada sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti. Penelitian ini didukung oleh pengujian hipotesis terhadap dua variabel, yaitu variabel independen (peranan anggaran kas) yang memiliki nilai persentase 95 % dan jika dihubungkan dengan Kriteria yang telah ditentukan berarti anggaran kas sangat berperan dan variabel dependen (efektivitas pengendalian kas) yang memiliki nilai persentase 100 % dan jika dihubungkan dengan kriteria yang telah ditentukan berarti efektivitas pengendalian kas sangat efektif. Dengan demikian, hipotesis yang penulis kemukakan yaitu : “Anggaran kas yang disusun dan dilaksanakan dengan baik, dapat menunjang efektivitas “, dapat diterima dan saran penulis adalah sebagai berikut Rumah Sakit Kebonjati Bandung sebaiknya menyusun anggaran kas triwulanan dan dievaluasi setiap akhir triwulan sehingga anggaran kas dapat lebih berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian kas. dan Efektivitas pengendalian kas harus ditingkatkan lagi dengan mengevaluasi dan menganalisis penyimpangan yang terjadi antara anggaran yang dianggarakan dengan realisasinya secara teliti dan akurat, agar efektivitas yang dihasilkan semakin efektif dan penyimpangan yang terjadi di periode berikutnya bisa lebih kecil.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5969
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.87Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.68Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.10Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.94Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.09Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.30Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.39Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.02Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 99.34Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 80.90Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 126.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.13Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.46Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record