PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM EVALUASI PENJUALAN (Survey pada distributor tunggal perusahaan industri otomotif sepeda motor di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM EVALUASI PENJUALAN (Survey pada distributor tunggal perusahaan industri otomotif sepeda motor di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM EVALUASI PENJUALAN (Survey pada distributor tunggal perusahaan industri otomotif sepeda motor di Bandung)
Author: Bayuaji, Henry
Abstract: Penyusunan anggaran semakin menarik untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya persaingan perusahaan di bidang industri otomotif, terutama di kota-kota besar. Pada perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif, proses promosi merupakan kegiatan yang sangat penting demi kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan. Untuk itu biasa digunakan anggaran yang dapat berfungsi selain sebaai alat perencanaan juga sebagai alat pengendalian. Berhubungan dengan permasalahan di atas, penulis mengajukan hipotesis sebagai berikut : “Anggaran biaya promosi yang ditetapkan secara memadai dan efektif dapat meningkatkan volume penjualan”. Penulis melakukan penelitian pada PT. Daya Adira Mustika Bandung, dengan mengajukan judul skripsi: “Pengaruh Anggaran Biaya Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan”. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis untuk : 1. Untuk mengetahui penyusunan anggaran biaya promosi di distributor tunggal perusahaan industri otomotif sepeda motor. 2. Untuk mengetahui langkah yang dilakukan oleh distributor tunggal perusahaan industri otomotif sepeda motor dalam mengendalikan anggaran biaya promosi agar tidak terjadi penyimpangan yang signifikan. 3. Untuk mengetahui biaya promosi berpengaruh meningkatkan volume penjualan. Dalam penelitian ini, dilakukan penelitian mengenai anggaran pada sebuah perusahaan industri otomotif., dengan membahas bagaimana pengaruh anggaran biaya promosi dalam mengevaluasi volume penjualan. Metode penelitian yang dilakukan penulis adalah metode deskriptif analitis yang bersifat menemukan fakta disertai analisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori-teori yang telah dipelajari, yaitu pendekatan dengan studi kasus, studi lapangan, wawancara dan penelitian kepustakaan. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu “anggaran biaya promosi sebagai alat pengendalian biaya promosi yang memadai” sebagai variabel independen, dan “peningkatan volume penjualan” sebagai variable dependen. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis, dan untuk mencapai suatu kesimpulan penulis melakukan pembuktian hipotesis. Berdasarkan hasil kuesioner, besarnya persentase peranan anggaran biaya promosi dalam meningkatkan volume penjualan sebesar 89,81%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa anggaran biaya promosi sangat berpengaruh dalam meningkatkan volume penjualan. Sedangkan berdasarkan perhitungan statistika yang menggunakan SPSS.12.0 didapatkan nilai korelasi pearson sebesar 0,942. Dengan korelasi sebesar 0,942 menunjukkan hubungan searah yang sangat kuat antara biaya promosi dengan penjualan. Sedangkan koefisien determinasinya menunjukkan pengaruh biaya promosi sebesar 88,7% terhadap peningkatan penjualan, sisanya sebesar 11,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti kenaikan BBM, hanya motor 4 tak yang boleh diproduksi, dan lain-lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5968
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.711Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.56Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.28Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.27Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.58Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.84Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 53.02Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 110.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 76.29Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 155.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 44.85Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.72Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record