PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Alam Teknindo Lestari Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Alam Teknindo Lestari Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus Pada PT. Alam Teknindo Lestari Bandung)
Author: Gunawan, Gugun
Abstract: Bagi perusahaan, penjualan merupakan aktivitas yang sangat penting dan harus dikendalikan karena penjualan merupakan bidang yang dinamis dengan kondisi yang berubah-ubah. Dari penjualan tersebut perusahaan akan memperoleh hasil yang akan digunakan untuk menutupi biaya operasional dan sebagian lagi digunakan untuk mengembangkan operasi perusahaan guna mempertahankan kelangsungan hidup dan memperoleh laba. Mengingat pentingnya kegiatan penjualan dan tingginya persainagn yang terjadi di dunia usaha, maka sangatlah perlu bagi perusahaan untuk dapat melakukan pengendalian penjualan. Dengan adanya pengendalian penjualan dapat meningkatkan efektivitas penjualan. Salah satu alat bantu manajemen dalam meningkatkan efektivitas penjualan adalah dengan menerapkan sistem akuntansi pertanggungjawaban. Penerapan akuntansi pertanggungjawaban adalah untuk dapat mengendalikan biaya-biaya dan kegiatan penjualan itu sendiri agar pemakaian biaya dapat dipertanggungjawabkan. Penelitian dilakukan pada PT. Alam Teknindo Lestari yang berlokasi di Jalan Gandapura no 54 Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PT. Alam Teknindo Lestari dan untuk mengetahui peranan akuntansi pertanggungjawaban terhadap efektivitas penjualan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif analitik yaitu dengan menmukan fakta dari penelitian kemudian diproses lebih lanjut dengan dasar teori yang ada. Sedangkan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini digunakan teknik penelitian lapangan (Field Research) dengan bantuan instrumen berupa kuesioner dan penelitian kpustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar pertimbangan dengan kenyataan yang ada selama dilakukannya penelitian. Penulis juga melakukan wawancara dan observasi langsung untuk memperoleh data primer. Untuk membuktikan hipotesis didasarkan pada klasifikasi menurut Champion. Dari hasil penelitian diperoleh perhitungan sebesar 69,23% yang berarti akuntansi pertanggungjawaban cukup berperan terhadap efektivitas penjualan. Hal ini ditunjang dengan peranan akuntansi pertanggungjawaban yang cukup memadai dan dapat menunjang efektivitas penjualan dengan hasil anggaran penjualan tahun 2005 sebesar Rp. 1.750.000.000 dan pencapaian realisasi penjualan sebesar Rp. 2.131.455.135, sehingga terjadi selisih sebesar Rp. 381.455.135 yang berarti meningkat 21,79%. Jadi Hipotesis yang penulis tetapkan yaitu akuntansi pertanggungjawaban yang diterapkan secara memadai, akan berperan terhadap efektivitas penjualan, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5967
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.36Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.40Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.97Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.76Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.46Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.33Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.87Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.82Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 124.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 45.45Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 65.58Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.25Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record