ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI DANA YANG MEMADAI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN GEREJA ( Studi kasus pada Gereja GPIB Bethel Bandung )

Widyatama Repository

ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI DANA YANG MEMADAI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN GEREJA ( Studi kasus pada Gereja GPIB Bethel Bandung )

Show full item record

Title: ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI DANA YANG MEMADAI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN GEREJA ( Studi kasus pada Gereja GPIB Bethel Bandung )
Author: Yulianti, Friska
Abstract: Gereja merupakan salah satu organisasi nirlaba. Untuk mendukung aktivitas operasional yang dilakukan, maka gereja memerlukan dana. Dana tersebut hampir seluruhnya diperoleh dari sumbangan jemaat atau donaturdonatur. Oleh karena itu, dana tersebut perlu dikelola dengan baik dan dilaporkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan untuk dapat digunakan sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan. Pengelolaan keuangan gereja yang baik dapat tercapai bila unsur-unsur pengelolaan keuangan terpenuhi dengan baik. Unsur-unsur tersebut dapat terpenuhi dengan baik apabila didukung oleh informasi yang dapat dipercaya dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan yang dihasilkan oleh akuntansi dana. Untuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan maka unsur-unsur akuntansi dana harus terpenuhi dengan baik. Struktur organisasi dan uraian tugas yang jelas akan mempengaruhi tercapainya pengelolaan keuangan gereja yang baik, karena dalam struktur organisasi terlihat adanya pemisahan fungsi dan pembagian wewenang atau bagian dan uraian tugas yang jelas dapat membantu pegawai untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Untuk membuktikan hipotesis bahwa bila penerapan akuntansi dana dilaksanakan secara memadai, maka akan menghasilkan pengelolaan keuangan gereja yang baik, penulis melakukan penelitian pada gereja GPIB Bethel yang berlokasi di Jln. Wastukencana No.1 Bandung. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi suatu objek penelitian berdasarkan fakta yang tampak dan nyata pada saat penelitian disertai analisis dan dibandingkan dengan teori-teori yang sesuai dengan masalah yang dibahas, lalu pada akhirnya ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada gereja GPIB Bethel, setelah dihubungkan dengan teori yang dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa akuntansi dana yang diterapkan secara memadai pada gereja GPIB Bethel akan menghasilkan pengelolaan keuangan gereja yang baik dengan tingkat 61,53%. Hal ini didukung oleh terpenuhinya unsur-unsur akuntansi dana yang memadai dan unsur-unsur pengelolaan keuangan gereja yang baik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5966
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 34.07Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 69.95Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 50.76Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 53.72Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 53.06Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 46.99Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 46.81Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 66.52Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 98.17Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 71.47Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 121.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 48.86Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record