PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS ( Studi kasus pada PT. Indocitra Anugerah Semesta )

Widyatama Repository

PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS ( Studi kasus pada PT. Indocitra Anugerah Semesta )

Show full item record

Title: PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS ( Studi kasus pada PT. Indocitra Anugerah Semesta )
Author: Febryanto
Abstract: Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat dan semakin berkembangnya sumber daya manusia, akan membawa dampak yang besar dan luas terhadap perubahan struktur ekonomi. Perubahan ini melanda pula pada setiap badan usaha, sehingga perubahan teknologi yang terjadi dan yang akan terjadi akan mengubah pula struktur kehidupan dan operasi serta cara pengelolaan modal kerja setiap badan usaha. Modal kerja harus dikelola secara baik dan dinamis artinya pengelolaannya disesuaikan dengan perkembangan perusahaan. Kebijaksanaan pengelolaan modal kerja yang tepat sangat diperlukan karena berhubungan dengan salah satu tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba, bukan hanya dalam jangka pendek namun juga dalam jangka panjang. Hal ini dapat terlihat dari tingkat profitabilitas dan likuiditas perusahaan yang baik serta penggunaan modal kerja yang efisien. Berdasarkan uraian di atas, penulis menyusun skripsi ini dengan judul “PENGARUH PENGELOLAAN MODAL KERJA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS PADA PT. INDOCITRA ANUGERAH SEMESTA.” Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui pengelolaan modal kerja pada PT. Indocitra Anugerah semesta (2) untuk mengetahui tingkat likuiditas dan profitabilitas PT. Indocitra Anugerah Semesta (3) untuk mengetahui pengaruh pengelolaan modal kerja terhadap tingkat likuiditas dan profitabilitas PT. Indocitra Anugerah Semesta. Penulis telah melakukan penelitian pada PT. Indocitra Anugerah Semesta sebagai objek penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan metode studi kasus. Berdasarkan analisis, diperoleh simpulan bahwa (1) pengelolaan modal kerja perusahaan masih memerlukan perbaikan-perbaikan. Periode perputaran modal kerja membutuhkan waktu sekitar 150 sampai 200 hari. (2) modal kerja bersih perusahaan mengalami peningkatan yang cukup bagus setiap periodenya, yaitu pada tahun 2004 dan 2005 masing-masing mengalami peningkatan sebesar Rp2.456.408.255,75 dan Rp2.790.493.934,23. (3) terjadinya peningkatan total aset perusahaan yang jauh lebih besar daripada laba bersih operasi menyebabkan turunnya likuiditas perusahaan. Saran yang diberikan oleh penulis kepada PT. Indocitra Anugerah Semesta adalah melakukan pengelolaan modal kerja secara efektif agar tingkat likuiditas dan profitabilitas perusahaan dapat ditingkatkan serta perlunya perbaikan pada sistem maupun sumber daya manusia terutama di bagian piutang, karena rata-rata periode penagihan piutang perusahaan adalah 100 sampai 120 hari. Sedangkan berdasarkan kebijakan perusahaan seharusnya adalah 14 sampai 60 hari.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5963
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.80Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.72Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.59Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.60Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.04Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.89Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.94Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.86Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.20Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 99.22Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 41.88Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 127.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.40Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.21Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record