STUDI PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENGEVALUASI KINERJA MANAJER PUSAT LABA ( Studi kasus pada Divisi Tempa dan Cor PT PINDAD (Persero) )

Widyatama Repository

STUDI PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENGEVALUASI KINERJA MANAJER PUSAT LABA ( Studi kasus pada Divisi Tempa dan Cor PT PINDAD (Persero) )

Show full item record

Title: STUDI PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENGEVALUASI KINERJA MANAJER PUSAT LABA ( Studi kasus pada Divisi Tempa dan Cor PT PINDAD (Persero) )
Author: Herlina, Evi
Abstract: Pusat laba adalah salah satu pusat pertanggungjawaban yang memiliki peran penting bagi perusahaan yang berorientasi pada laba, karena laba merupakan sumber utama untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Oleh sebab itu, manajer pusat laba menyusun sebuah anggaran laba agar manajer tersebut dapat melakukan pengendalian laba agar laba yang dicapai tidak kurang dari anggaran yang telah disusun sebelumnya. Atas dasar itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan “Studi Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dalam Mengevaluasi Kinerja Manajer Pusat Laba”. Penelitian dilakukan pada PT.PINDAD yang berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto No. 157 Bandung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kememadaiannya penerapan akuntansi pertanggungjawaban untuk mengevaluasi kinerja manajer pusat laba. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu sebuah penyelidikan deskriptif membandingkan persamaan dan perbedaan fenomena tertentu lalu mengambil bentuk studi komparatif; atau mengukur sesuatu dimensi serta dalam berbagai bentuk studi kuantitatif, angket, test, interview, dan lain-lain; atau mengadakan klasifikasi, ataupun mengadakan penilaian, menetapkan standar (“Normatif”), menetapkan hubungan dan kedudukan (status) satu unsur dengan unsur yang lain. Sedangkan untuk mendapatkan data, penulis melakukan teknik wawancara, studi kepustakaan dan observasi. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban menghasilkan Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja manajer pusat laba. PT.PINDAD telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban, hal ini dapat dilihat dari : 1. Perusahaan telah memiliki organisasi yang menjabarkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab masing-masing bagian yang bersangkutan. 2. Perusahaan memiliki anggaran. 3. Biaya yang terjadi dalam perusahaan dibagi menjadi biaya terkendali dan biaya tidak terkendali. 4. Terdapatnya susunan kode rekening perusahaan yang dikaitkan dengan kewenangan pengendalian. 5. Terdapatnya laporan pertanggungjawaban kepada manajer yang bertanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa PT.PINDAD telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban karena PT.PINDAD telah memiliki syarat yang diperlukan dalam melaksanakan akuntansi pertanggungjawaban. Akhirnya penulis menyimpulkan bahwa Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban PT.PINDAD Berperan untuk menilai kinerja manajer pusat laba yang didukung dengan langkah-langkah mengevaluasi kinerja PT.PINDAD. Setelah mengadakan penelitian dan pembahasan, maka penulis akan mencoba mengajukan saran perbaikan yang diharapkan dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan atau masukan bagi perusahaan, Sebaiknya dalam kode rekening dicantumkan kode bagian pusat pertanggungjawaban agar memudahkan manajer dalam mempertanggungjawabkannya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5960
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.875Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.97Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.67Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.21Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.24Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.62Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.47Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 38.69Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 138.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 44.24Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 111.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.60Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.24Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record