“HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP REDEFINISI AUDIT INTERNAL DENGAN KEPATUHAN AUDITOR INTERNAL ATAS STANDAR PROFESI AUDITOR INTERNAL ” (Survei pada PDAM di Jawa Barat)

Widyatama Repository

“HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP REDEFINISI AUDIT INTERNAL DENGAN KEPATUHAN AUDITOR INTERNAL ATAS STANDAR PROFESI AUDITOR INTERNAL ” (Survei pada PDAM di Jawa Barat)

Show full item record

Title: “HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP REDEFINISI AUDIT INTERNAL DENGAN KEPATUHAN AUDITOR INTERNAL ATAS STANDAR PROFESI AUDITOR INTERNAL ” (Survei pada PDAM di Jawa Barat)
Author: Anggara M, Dutha
Abstract: Sejak pertama muncul audit internal memiliki fungsi yang mempunyai kontribusi penting pada laporan keuangan. Fungsi ini berkembang menjadi pengujian internal atas berbagai masalah-masalah non financial. Kemudian fungsi ini berkembang menjadi fungsi yang lebih nyata dimana auditor mengunjungi auditee dan memastikan bahwa semua prosedur akuntansi perusahaan telah ditaati, sebagaimana auditor eksternal melaksanakan tugasnya. Untuk itu audit internal berkembang menjadi fungsi audit yang memanfaatkan berbagai disiplin ilmu yang memiliki hubungan dengan operasi perusahaan seperti : statistika, informatika, bahkan teknik sipil juga diperlukan. Perkembangan yang tak kalah pentingnya adalah redefinisi audit internal yang disahkan oleh Institute of Internal Auditors (IIA) pada tahun 1999. Redefinisi yang terjadi memberikan pengertian audit internal yang lebih luas dimana audit internal diharapkan akan lebih mampu memberikan kontribusi yang lebih berarti untuk perusahaan. Standar Profesi Audit Internal (SPAI) merupakan hal yang mengikat audit internal dalam pelaksanaan audit internal. SPAI juga merupakan pedoman yang sangat penting bagi pelaksanaan audit internal yang juga memberikan kontribusi terhadap perkembangan audit internal. Penelitian ini dilakukan terhadap 22 auditor internal yang bekerja pada Satuan Pengawas Intern di PDAM yang ada di Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman auditor internal atas redefinisi audit internal dan hubungannya dengan kepatuhan auditor internal atas Standar Profesi Auditor Intenal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asositif. Metode ini bertujuan untuk mencari hubungan antar fenomena yang diselidiki secara terperinci untuk menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk keperluan masa yang akan datang, didukung dengan studi literatur atau studi kepustakaan untuk menguji hipotesis yang ada dengan menggunakan Rank Spearman dengan tingkat signifikansi 0,05. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa auditor internal yang menjadi responden di PDAM hampir seluruhnya memahami redefinisi audit internal dengan peraturan mematuhi SPAI, dimana mayoritas responden sebesar 91,36% memberikan jawaban setuju dan sangat setuju. Dari hasil analisis dan perhitungan dengan menggunakan SPSS 12.0 for windows Spearman Correlation diperoleh rs = 0,878, yang berarti bahwa Pemahaman Auditor Internal terhadap redefinisi audit internal mempunyai hubungan terhadap kepatuhan auditor atas Standar Profesi Auditor Intenal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5959
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.16Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.43Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 38.96Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 43.08Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 43.60Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.65Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.12Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 67.28Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 95.60Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 205.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 392.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.46Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record