PENGARUH KOMPONEN LAPORAN ARUS KAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Survey Terhadap 10 Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEJ)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPONEN LAPORAN ARUS KAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Survey Terhadap 10 Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEJ)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPONEN LAPORAN ARUS KAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Survey Terhadap 10 Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEJ)
Author: Rachman, Didit Aditya
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya hubungan yang positif antara komponen laporan arus kas dengan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada 10 perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan studi survey. Untuk menguji ada tidaknya hubungan positif antara komponen arus kas dengan profitabilitas perusahaan dilakukan pengujian hipotesis penulis menggunakan analisis regresi dan korelasi melalui program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa koefisien korelasi parsial antara arus kas dari aktivitas operasi dan profitabilitas yaitu 0,411 artinya arus kas dari aktivitas operasi memiliki pengaruh yang sedang terhadap profitabilitas. Arus kas dari aktivitas operasi berpengaruh terhadap profitabilitas yaitu sebesar 16,9%. Jadi secara parsial tidak terdapat pengaruh antara arus kas dari aktivitas operasi terhadap profitabilitas. Koefisien korelasi parsial antara arus kas dari aktivitas investasi dan profitabilitas yaitu 0,155 artinya arus kas dari aktivitas investasi memiliki pengaruh yang sangat rendah terhadap profitabilitas. Arus kas dari aktivitas investasi berpengaruh terhadap profitabilitas yaitu sebesar 2,4%. Jadi secara parsial tidak terdapat pengaruh antara arus kas dari aktivitas investasi terhadap profitabilitas. Koefisien korelasi parsial antara arus kas dari aktivitas pendanaan dan profitabilitas yaitu 0,108 artinya arus kas dari aktivitas pendanaan memiliki pengaruh yang sangat rendah terhadap profitabilitas. Arus kas dari aktivitas pendanaan berpengaruh terhadap profitabilitas yaitu sebesar 1,2%. Jadi secara parsial tidak terdapat pengaruh antara arus kas dari aktivitas pendanaan terhadap profitabilitas. Koefisien korelasi secara simultan antara arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi dan arus kas dari aktivitas pendanaan terhadap profitabilitas yaitu 0,447 artinya arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi dan arus kas dari aktivitas pendanaan memilki pengaruh yang sedang terhadap profitabilitas. Arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi dan arus kas dari aktivitas pendanaan berpengaruh terhadap profitabilitas yaitu sebesar 20%. Jadi secara simultan arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi dan arus kas dari aktivitas pendanaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5957
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.11Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.70Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.70Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.89Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.61Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.48Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.71Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.74Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 52.56Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 85.60Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 76.32Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 103.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.99Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.25Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record