PERANAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi Kasus pada PT. Aprillia Professional Technology)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi Kasus pada PT. Aprillia Professional Technology)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi Kasus pada PT. Aprillia Professional Technology)
Author: Puspasari, Diana
Abstract: Penelitian ini ditekankan pada masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang biasanya menyangkut pengelolaan sumber daya agar efektif dan efisien. Perencanaan dan pengendalian merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dasar dari pengendalian adalah apa yang telah durencanakan, sehingga pengendalian yang efektif akan tercapai apabila terdapat perencanaan yang baik. Anggaran perusahaan merupakan salah satu alat yang dapat membantu manajemen untuk menerangkan rencana kegiatan dan sebagai alat pengendali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah anggaran kas PT. Aprillia Professional Technology yang memadai, berperan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian kas. Penelitian dilakukan di PT. Aprillia Professional Technology Wisma HSBC Lt. 3 Jalan Asia Afrika Bandung. Pengumpulan data dan informasi tentang objek penelitian diperoleh dengan melakukan studi kepustakaan dan studi lapangan. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder melalui literaturliteratur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti sebagai landasan teori. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analitis yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum perusahaan, berdasarkan fakta yang nyata pada situasi yang diselidiki, fakta-fakta yang dikumpulkan, disusun, dijelaskan kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui persentase besarnya penyimpangan yang terjadi antara anggaran kas dengan realisasi anggaran kas. Pada tahun 2003 terdapat penyimpangan positif sebesar 0.06% pada pengeluaran kasnya. Untuk tahun 2004 pada penerimaan kasnya terdapat penyimpangan negatif sebesar 0.08% dan pada pengeluarannya terjadi penyimpangan negatif sebesar 0.02%. Sedangkan untuk tahun 2005 pada pengeluaran kasnya terjadi penyimpangan negatif sebesar 0.02%. Dengan demikian karena besarnya penyimpangan antara anggaran kas dengan realisasi anggaran kas tidak signifikan, sehingga penulis dapat menyimpulkan bahwa anggaran kas PT. Aprillia Professional Technology yang memadai, berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian kas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5956
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.746Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.75Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.58Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.07Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.25Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.87Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.69Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.76Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 46.26Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 99.42Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 42.64Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 74.54Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.55Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.97Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record