PENGARUH PERBEDAAN PERHITUNGAN BIAYA PENYUSUTAN AKTIVA TETAP TERHADAP PAJAK TANGGUHAN (Survey Pada Perusahaan-Perusahaan Semen yang telah Go Publik)

Widyatama Repository

PENGARUH PERBEDAAN PERHITUNGAN BIAYA PENYUSUTAN AKTIVA TETAP TERHADAP PAJAK TANGGUHAN (Survey Pada Perusahaan-Perusahaan Semen yang telah Go Publik)

Show full item record

Title: PENGARUH PERBEDAAN PERHITUNGAN BIAYA PENYUSUTAN AKTIVA TETAP TERHADAP PAJAK TANGGUHAN (Survey Pada Perusahaan-Perusahaan Semen yang telah Go Publik)
Author: Handayani, Devie
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketidakjelasan pasal 4 ayat (4) Undang- Undang no 16 tahun 2000 yang menyebutkan bahwa Surat Pemberitahuan Tahunan harus dilengkapi dengan laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi. Namun, tidak ditentukan apakah laporan keuangan tersebut adalah laporan keuangan komersial atau laporan keuangan fiskal. Sedangkan, antara laporan keuangan komersial yang mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan dengan laporan keuangan fiskal yang mengacu pada Ketentuan Peraturan Perundang-undangan Perpajakan terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Salah satu faktor perbedaan tersebut adalah biaya penyusutan aktiva tetap. Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan perhitungan biaya penyusutan sebagai salah satu faktor penyebab perbedaan temporer terhadap pajak tangguhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif jenis survey dengan populasi terdiri dari neraca perusahaan-perusahaan semen yang telah go public. Dalam mengolah dan menganalisa data serta menarik kesimpulan, peneliti menggunakan Uji Korelasi Product Moment dan untuk lebih yakin tentang signifikan atau tidaknya maka diuji lagi rhitung yang dihasilkan dimasukan ke rumus uji t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa perbedaan sementara (temporary differences) biaya penyusutan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap besarnya pajak tangguhan perusahaan. Penulis memberikan saran agar data sekunder dimana total pajak tangguhan anak perusahaan tidak diketahui berasal dari anak perusahaan yang mana serta ketidakjelasan apakah pajak tangguhan tersebut baru diakui pada saat penyusunan neraca konsolidasi atau tidak. Diharapkan hal ini dapat menjadi masukan bagi peneliti selanjutnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5952
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 24.16Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.33Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.78Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.11Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.49Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.86Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.06Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 38.43Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 114.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 41.57Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 61.89Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.93Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.88Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record