STUDI PENERAPAN AUDIT INTERNAL ATAS KEGIATAN OPERASIONAL DIVISI PEMASARAN PADA PT. OTTO PHARMACEUTICAL INDUSTRIES (Studi kasus pada PT. Otto Pharmaceutical Industries)

Widyatama Repository

STUDI PENERAPAN AUDIT INTERNAL ATAS KEGIATAN OPERASIONAL DIVISI PEMASARAN PADA PT. OTTO PHARMACEUTICAL INDUSTRIES (Studi kasus pada PT. Otto Pharmaceutical Industries)

Show full item record

Title: STUDI PENERAPAN AUDIT INTERNAL ATAS KEGIATAN OPERASIONAL DIVISI PEMASARAN PADA PT. OTTO PHARMACEUTICAL INDUSTRIES (Studi kasus pada PT. Otto Pharmaceutical Industries)
Author: Riady, Chandra
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang pelaksanaan kegiatan operasional divisi pemasaran dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari audit internal terhadap pelaksanaan kegiatan operaasional divisi pemasaran. Penulis menggunakan variabel “Efektivitas audit operasional pemasaran” dengan indikator (tingkat pencapaian target penjualan dan pemasaran, tingkat realisasi biaya penjualan dan pemasaran, tahap persiapan pemeriksaan, tahap pelaksanaan pemeriksaan, tahap pelaporan, tahap tindak lanjut, verifikasi, evaluasi, rekomendasi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, yaitu metode yang berusaha mendeskripsikan apa yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan fakta-fakta atau kejadian pada perusahaan tersebut untuk kemudian diolah menjadi data dan kemudian selanjutnya diadakan suatu analisis sehingga akhirnya dapat ditarik suatu simpulan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Berdasarkan hasil penelitian, tingkat pencapaian target pemasaran untuk tahun 2004, 2005, 2006 berada di atas target pemasaran yang telah ditetapkan yaitu untuk tahun 2004 sebesar 22,32 %, tahun 2005 sebesar 30,92 %, tahun 2006 sebesar 41,17 %. Realisasi biaya penjualan dan pemasaran untuk tahun 2004, 2005, 2006 berada di bawah target yang telah ditetapkan yaitu untuk tahun 2004 sebesar 58,14 %, tahun 2005 sebesar 69,14 %, tahun 2006 sebesar 77,80 %. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa divisi pemasaran sudah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik karena tingkat pencapaian target terus meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian yang dilakukan atas data yang diperoleh dari penelitian lapangan melalui kuesioner adalah dengan metode Guttman sebagai metode analisis statistik. Dari perhitungan statistik diperoleh hasil sebesar 82,57 % untuk pengolahan data variabel efektivitas audit operasional pemasaran, hasil tersebut memberikan informasi bahwa audit internal yang dilaksanakan atas kegiatan operasional divisi pemasaran telah efektif.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5949
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.871Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.48Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.25Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.37Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.81Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.66Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.79Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.01Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 88.86Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 65.95Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 63.35Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.40Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.75Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record