FUNGSI CONTROLLER DALAM MENGEFEKTIFKAN PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN DAN PIUTANG (Studi kasus pada PT. TROPICA MAS PHARMACEUTICALS)

Widyatama Repository

FUNGSI CONTROLLER DALAM MENGEFEKTIFKAN PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN DAN PIUTANG (Studi kasus pada PT. TROPICA MAS PHARMACEUTICALS)

Show full item record

Title: FUNGSI CONTROLLER DALAM MENGEFEKTIFKAN PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN DAN PIUTANG (Studi kasus pada PT. TROPICA MAS PHARMACEUTICALS)
Author: Agustiani, Bunga
Abstract: Aktivitas penjualan dan piutang merupakan suatu kegiatan yang sangat penting didalam perusahaan, karena aktivitas tersebut menunjukkan suatu tingkat keberhasilan sebuah perusahaan. Untuk melaksanakan penjualan maupun piutang yang baik, perlu dilakukan suatu pengendalian terhadap aktivitas penjualan maupun piutang dengan memperhatikan segala aspek pengendalian baik komponen-komponen pengendalian internal maupun fungsi seorang controller. Perusahaan membutuhkan seorang controller untuk membantu didalam pelaksanaan pengendalian, seperti bantuannya dalam mengembangkan dan merevisi norma standar yang memuaskan sebagai ukuran pelaksanaan, yang menyediakan pedoman serta bantuan para anggota manajemen dalam menjamin adanya kesesuaian hasil pelaksanaan sebenarnya dengan norma standar. Karenanya, controller memiliki peran yang sangat penting didalam perusahaan, khususnya pengendalian internal penjualan dan piutang. Objek penelitian dalam pembahasan skripsi ini adalah fungsi controller dalam mengefektifkan pengendalian intern penjualan dan piutang pada PT. Tropica Mas Pharmaceuticals. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi controller dalam mengefektifkan pengendalian intern penjualan dan piutang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dimana data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder, menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman dengan n = 15dan tingkat signifikansi sebesar 0.05. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa fungsi controller yang dilaksanakan oleh perusahaan sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari prosentase responden mayoritas memberikan jawaban sangat setuju dan setuju sebesar 63.51%, yang menjawab kurang setuju sebesar 35.09%, dan yang menjawab tidak setuju sebesar 1.40%. Sedangkan efektivitas pengendalian internal penjualan dan piutang yang dilakukan perusahaan sudah cukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari prosentase responden mayoritas memberikan jawaban sangat setuju dan setuju sebesar 73.34%, yang menjawab kurang setuju sebesar 26.24%, dan yang menjawab tidak setuju sebesar 0.42%. Hubungan antara fungsi controller dan efektivitas pengendalian internal penjualan dan piutang termasuk kuat, yaitu sebesar 0,619. Sedangkan pengaruh atau kontribusi fungsi controller terhadap efektivitas pengendalian internal penjualan dan piutang sebesar 38.32%, sedangkan sisanya sebesar 61.68% dipengaruhi faktor-faktor lain. Dengan demikian dapat dikatakan hipotesis yang penulis ajukan yaitu “Fungsi Controller yang memadai dapat mengefektifkan pengendalian internal penjualan dan piutang” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5948
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 134.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 113.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 138.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 123.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 121.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 123.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 88.39Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 162.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 214.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 198.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 276.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 121.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 139.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record