ANALISIS EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Toba Samosir)

Widyatama Repository

ANALISIS EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Toba Samosir)

Show full item record

Title: ANALISIS EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Toba Samosir)
Author: Panjaitan, Berton Pernando
Abstract: Dalam upaya mengurangi ketergantungan keuangan pemerintah kabupaten/kota kepada provinsi dan pemerintah pusat dapat dilakukan dengan cara meningkatkan penerimaan retribusi daerah di kabupaten/kota. Retribusi pasar merupakan salah satu jenis retribusi daerah yang potensial saat ini, khususnya di Kabupaten Toba Samosir dan mempunyai prospek yang baik seiring dengan perkembangan perekonomian Kabupaten Toba Samosir. Atas dasar itulah, maka dilakukan penelitian tentang efektivitas pemungutan retribusi pasar dan kontribusinya bagi PAD di Kabupaten Toba Samosir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas retribusi pasar 2001-2007, realisasi PAD dan kontribusi retribusi pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Toba Samosir. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kebijakan-kebijakan yang sebaiknya ditempuh Pemerintah Daerah Kabupaten Toba Samosir untuk meningkatkan penerimaan dari retribusi pasar. Data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah data yang diperoleh melalui observasi atau pengamatan langsung, wawancara, dan studi dokumenter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dan untuk menganalisis permasalahan dalam penelitian ini digunakan alat analisis kuantitatif yaitu analisis efektivitas retribusi pasar dan analisis kontribusi retribusi pasar terhadap PAD. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat efektivitas penerimaan retribusi pasar di Kabupaten Toba Samosir yaitu rata-rata sebesar 77,87% selama periode tahun 2001-2007. Mengacu pada Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 690.900.327 tentang Penilaian Kinerja dan Keuangan, tingkat efektivitas retribusi pasar adalah tergolong cukup efektif dan realisasi PAD selama periode tahun 2001-2007, menunjukkan rata-rata mencapai 95,46% Selanjutnya selama tahun anggaran 2001-2007, kontribusi penerimaan retribusi pasar terhadap PAD dinilai sangat kurang yaitu rata-rata sebesar 1,88%. Dalam upaya mengoptimalkan penerimaan retribusi pasar, maka dalam penetapan target retribusi pasar hendaknya berdasarkan pada potensi yang dimiliki sesuai dengan perhitungan potensi retribusi pasar.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5947
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.26Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.52Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.04Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.33Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.95Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.16Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 64.17Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 99.16Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 96.79Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 112.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.45Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.26Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record