ANALISIS HUBUNGAN PERPUTARAN MODAL KERJA DENGAN NET PROFIT MARGIN RATIO (Survey pada Beberapa Perusahaan Makanan dan Minuman yang Listing di BEJ)

Widyatama Repository

ANALISIS HUBUNGAN PERPUTARAN MODAL KERJA DENGAN NET PROFIT MARGIN RATIO (Survey pada Beberapa Perusahaan Makanan dan Minuman yang Listing di BEJ)

Show full item record

Title: ANALISIS HUBUNGAN PERPUTARAN MODAL KERJA DENGAN NET PROFIT MARGIN RATIO (Survey pada Beberapa Perusahaan Makanan dan Minuman yang Listing di BEJ)
Author: Yesica, Bernadete
Abstract: Perkembangan ekonomi semakin pesat sehingga permasalahan yang dihadapi oleh bidang usaha semakin kompleks dan bersifat dinamis. Salah satu masalah yang selalu dihadapi oleh perusahaan adalah masalah keuangan. Pengelolaan bidang keuangan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek selalu berkaitan dengan kegiatan perusahaan sehari-hari, termasuk di dalamnya adalah penentuan kebutuhan modal kerja, sehingga akan diperoleh tingkat perputaran modal kerja yang tinggi. Dengan demikian pengelolaan modal kerja yang baik sangat diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu profitabilitas yang maksimal yang tercermin dalam laba bersih yang diperoleh oleh perusahaan. Berdasarkan latar pemikiran di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada sektor perusahaan industri makanan dan minuman yang listing di Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan hasilnya dituangkan dalam skripsi yang berjudul “Analisis Hubungan Perputaran Modal Kerja dengan Net Profit Margin Ratio (studi survey pada perusahaan industri makanan dan minuman yang listing di BEJ)”. Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk meneliti bagaimana hubungan antara perputaran modal kerja dengan net profit margin ratio. Objek penelitian ini adalah perputaran modal kerja dan net profit margin ratio yang dimiliki oleh perusahaan industri makanan dan minuman yang listing di BEJ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi survey. Selanjutnya untuk mengetahui kekuatan hubungan antara perputaran modal kerja dengan net profit margin ratio, digunakan metode statistik regresi dan korelasi dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik. Hasil penelitian tersebut akan dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang relevan. Variabel yang diteliti adalah perputaran modal kerja sebagai variabel bebas yang merupakan perbandingan antara penjualan dengan modal kerja ratarata dan net profit margin ratio sebagai variabel tidak bebas yang merupakan perbandingan antara laba bersih setelah pajak dengan penjualan. Hasil pengujian statistik memperlihatkan bahwa dengan tingkat keyakinan 95%. Perputaran modal kerja mempunyai korelasi positif dengan tingkat net profit margin ratio (r=0,379). Serta kontribusinya terhadap net profit margin ratio sebesar 14.3%. Pengujian terhadap hipotesis yang penulis ajukan dengan menghitung nilai t menunjukkan penerimaan terhadap hipotesis nol. Penerimaan hipotesis nol ini berarti juga bahwa perputaran modal kerja mempunyai hubungan yang rendah terhadap net profit margin ratio.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5946
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 53.69Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 50.08Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 69.82Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 50.14Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 46.47Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 43.63Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 44.01Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 84.98Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 121.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 77.01Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 150.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 64.86Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 44.74Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record