PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS BIAYA PRODUKSI (Studi survei pada Perusahaan Tekstil di Bandung Timur)

Widyatama Repository

PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS BIAYA PRODUKSI (Studi survei pada Perusahaan Tekstil di Bandung Timur)

Show full item record

Title: PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS BIAYA PRODUKSI (Studi survei pada Perusahaan Tekstil di Bandung Timur)
Author: Soeradinata, Arlina Dewi
Abstract: Perusahaan didirikan sebagai suatu organisasi yang mengelola sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pada umumnya perusahaan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil usahanya. Usaha-usaha ini disertai dengan penerapan teknologi modern dalam berbagai bidang kegiatan, sehingga perkembangan dunia usaha semakin meningkat dan aktivitas perusahaan akan semakin bertambah luas. Untuk itu, perusahaan harus mampu meningkatkan daya saing dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Perusahaan harus dapat menutupi biaya-biaya pokok yang terjadi. Salah satu cara untuk mengurangi biaya adalah ditingkatkannya proses produksi. Oleh karena itu, biaya produksi harus dilaksanakan secara efektif dan efisien. Efektivitas suatu biaya produksi berarti bahwa biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi yang dijalankan perusahaan sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. Untuk mencapai efektivitas biaya produksi, manajemen tidak mungkin lagi dapat melakukan pengawasan langsung terhadap kegiatan operasi perusahaan. Salah satu alat bantu manajemen dalam pengendalian perusahaan untuk mencapai efektivitas biaya produksi adalah dengan cara menerapkan akuntansi pertanggungjawaban. Penulis melakukan penelitian di perusahaan-perusahaan tekstil yang berada di Bandung Timur. Objek penelitiannya adalah efektivitas biaya produksi dan penerapan akuntansi pertanggungjawaban di perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memgetahui memadainya penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada perusahaan, untuk mengetahui efektivitas produksi dalam perusahaan, dan untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam menunjang efektivitas biaya produksi pada perusahaan. Metodologi penelitian yang digunakan penulis adalah metode asosiatif dengan pendekatan survei, yang berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan, dan mengontrol suatu gejala. Untuk membuktikan hipotesisnya digunakan Uji Rank Spearmen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa perusahaanperusahaan tekstil di Bandung Timur dalam menerapkan akuntansi pertanggungjawaban sudah memadai sehingga dapat menunjang efektivitas biaya produksi. Hal ini dapat dilihat dari persentase jawaban kuesioner sebesar 34% responden menyatakan sangat setuju, dan 58% responden menyatakan setuju. Selain itu juga dapat dilihat dari laporan perbandingan antara anggaran dengan realisasinya yang telah memenuhi kriteria yang diterapkan perusahaan, dimana terlihat penyimpangan biaya produksi yang tidak melebihi batas toleransi yang ditetapkan perusahaan sebesar 15 %. Jadi hipotesis yang dikemukakan oleh penulis, yaitu : “Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Menunjang Efektivitas Biaya Produksi” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5942
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.39Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 26.15Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.43Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.06Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.78Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.66Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.08Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.72Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 105.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 73.21Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 149.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.43Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.84Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record