PENGARUH PROGRAM PERTAMINA WAY TERHADAP KINERJA SPBU PERTAMINA BERDASARKAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada SPBU 31.406.01, SPBU 31.411.01, SPBU 31.411.02)

Widyatama Repository

PENGARUH PROGRAM PERTAMINA WAY TERHADAP KINERJA SPBU PERTAMINA BERDASARKAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada SPBU 31.406.01, SPBU 31.411.01, SPBU 31.411.02)

Show full item record

Title: PENGARUH PROGRAM PERTAMINA WAY TERHADAP KINERJA SPBU PERTAMINA BERDASARKAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada SPBU 31.406.01, SPBU 31.411.01, SPBU 31.411.02)
Author: Irawan, Arie
Abstract: Indonesia sudah memasuki era perdagangan bebas (globalisasi). Semua kegiatan perekonomian di Indonesia tidak lagi dilakukan oleh perusahaan lokal saja, perusahaan asing juga sudah memasuki pasar Indonesia. Dahulu perusahaan lokal tidak terlalu memikirkan hal-hal yang diperlukan oleh konsumen karena hanya mereka lah player dalam perekonomian. Untuk saat ini, konsumen telah mempunyai pilihan lain untuk memenuhi kebutuhannya. Apabila perusahaan lokal tidak dapat memberikan keinginan konsumen, konsumen akan beralih ke perusahaan asing yang dapat memberikan kebutuhan konsumen. Jika hal ini terus berlangsung, maka perusahaan lokal tidak akan bisa survive dalam perekonomian. Persaingan bebas tersebut sudah memasuki lingkup telekomunikasi, pariwisata, sampai ke retail BBM. Untuk retail BBM, perusahaan asing yang sudah memasuki pasar Indonesia ialah Shell dan Petronas. Shell merupakan perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat, sedangkan Petronas merupakan perusahaan yang berasal dari negara tetangga, Malaysia. Kedua perusahaan tersebut sudah membuka gerai retail BBM (SPBU) di Indonesia. Kota-kota yang telah dimasuki perusahaan tersebut adalah Jakarta, Medan, Bandung. Bukan tidak mungkin kedua perusahaan tersebut ataupun perusahaan minyak dunia yang lain untuk masuk Indonesia dan membuka SPBU di kota-kota lainnya. SPBU Shell dan Petronas memiliki dan memberikan pelayanan yang sangat berbeda dari SPBU milik Pertamina. Berdasarkan hasil yang di peroleh dari websites Pertamina, di daerah Jakarta, SPBU Pertamina mengalami penurunan volume penjualan. Apabila hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin nantinya pelanggan akan memilih SPBU selain Pertamina. Menanggapi persaingan tersebut, Pertamina tidak tinggal diam. Pertamina mulai melakukan suatu strategi dalam memasuki persaingan tersebut melalui program yang disebut Pertamina Way, dimana program tersebut mencakup perbaikan kinerja dan pelayanan di SPBU Pertamina. SPBU yang telah menerapkan program tersebut disebut SPBU PASTI PAS!. Untuk mengetahui bagaimana kinerja SPBU PASTI PAS!, penulis telah melakukan penelitian terhadap 3 SPBU milik Pertamina yang telah PASTI PAS!. Dalam penelitian, penulis berusaha mengumpulkan data dan informasi yang memadai untuk diolah, dianalisis dan kemudian disimpulkan. Berdasrkan penelitian yang dilakukan penulis, program Pertamina Way berpengaruh terhadap kinerja SPBU Pertamina. Pengaruh tersebut dapat dilihat dengan meningkatnya net profit SPBU, adanya perubahan pelayanan di SPBU, sampai adanya pelatihan kepada operator dan pengawas di SPBU. Hal ini menunjukkan keseriusan Pertamina dalam menghadapi persaingan bebas dan keseriusan Pertamina dalam memberikan pelayanan kepada konsumen (masyarakat) Indonesia.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5939
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.83Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 34.57Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.68Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 37.45Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 48.63Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 30.81Kb PDF View/Open
Daftar Skema.pdf 29.73Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 30.02Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.18Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 46.29Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 417.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 80.99Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 536.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.22Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 50.44Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record