PERANAN INTERNAL AUDIT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS FUNGSI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) (Persepsi Petugas Internal Audit PT.Telkom)

Widyatama Repository

PERANAN INTERNAL AUDIT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS FUNGSI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) (Persepsi Petugas Internal Audit PT.Telkom)

Show full item record

Title: PERANAN INTERNAL AUDIT DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS FUNGSI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) (Persepsi Petugas Internal Audit PT.Telkom)
Author: Nurachman, Andria
Abstract: Perkembangan sistem informasi dalam kegiatan bisnis pada saat ini telah banyak membuat perusahaan menyesuaikan fungsi sistem informasi yang dimilikinya. ERP menjadikan suatu sistem informasi yang dapat membantu perusahaan. Bila fungsi tersebut dikelola dengan efektif, maka kinerja perusahaan dalam mengelola operasinya akan menigkat. Hal tersebut menjadi tantangan Internal Auditor dalam memberikan keyakinan obyektif atas efektivitas kegiatan operasional perusahaan. Tujuan penelitian yang dituangkan dalam skripsi ini, yaitu untuk mempelajari dan mengevaluasi internal audit diperusahaan, efektivitas fungsi ERP di perusahaan serta mempelajari dan menilai peranan internal audit dalam meningkatkan efektivitas fungsi ERP. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Objek penelitian ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyelenggara jasa telekomunikasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan lakukan melalui riset lapangan, riset kepustakaan dan penyebaran kuesioner kepada 10 internal auditor PT.Telkom Bandung. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan. Penelitian dilakukan di PT. Telkom Jl. Japati No.1 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa internal audit berperan untuk mengawasi, mengendalikan, serta memeriksa fungsi ERP sesuai apa yang telah ditetapkan, meliputi orang yang melaksanakan, perencanaan pemeriksaan, tahap pendahuluan, pelaksanaan, pelaporan dan melakukan tindak lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ”Internal Audit yang dilaksanakan secara efektif akan berperan dalam meningkatkan efektivitas fungsi ERP”. Dengan beberapa sara seperti pelaksanaan Internal Audit pada fungsi ERP perusahaan sebaiknya semakin ditingkatkan sehingga kualitas sistem menjadi lebih baik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5936
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 25.08Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 46.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 35.75Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 46.71Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 61.04Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 37.52Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 34.04Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 35.05Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 106.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 492.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 295.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 532.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 45.38Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 56.76Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record