ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKA PADA ESAI MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester Tiga Program Studi Bahasa Inggris)

Widyatama Repository

ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKA PADA ESAI MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester Tiga Program Studi Bahasa Inggris)

Show full item record

Title: ANALISIS KESALAHAN GRAMATIKA PADA ESAI MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS WIDYATAMA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester Tiga Program Studi Bahasa Inggris)
Author: Putri, Yasinta Dwi
Abstract: Penelitian ini dilakukan terhadap esai bahasa Inggris yang dibuat oleh mahasiswa di semester tiga dengan mencari kesalahan-kesalahan (errors) secara gramatika berdasarkan teori Dulay et. al. dan diperbaiki dengan mengikuti aturan-aturan gramatika yang semestinya. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh langsung dari dua puluh mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widyatama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 168 kesalahan gramatika dengan persentase masing-masing kesalahan; omission berjumlah 29.17% atau 49 kesalahan, addition berjumlah 8.92% atau 15 kesalahan, misformation berjumlah 60.71% atau 102 kesalahan, dan misordering berjumlah 1.2% atau 2 kesalahan. Dengan kata lain, kesalahan yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa semester tiga adalah misformation, dan kesalahan yang paling jarang dilakukan oleh mahasiswa adalah misordering. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya motivasi pembelajar untuk dapat memahami bahasa Inggris secara terperinci sebagai bahasa asing.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5928
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.02Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 2.722Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 151.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 158.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 111.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 98.69Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 236.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 264.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 331.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 133.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 106.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record