EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM KOMPUTERISASI TENAGA KERJA LUAR NEGERI (SISKOTKLN) DENGAN PENDEKATAN SYSTEM UTILITY (Studi Kasus : Balai Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Provinsi Jawa Tengah)

Widyatama Repository

EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM KOMPUTERISASI TENAGA KERJA LUAR NEGERI (SISKOTKLN) DENGAN PENDEKATAN SYSTEM UTILITY (Studi Kasus : Balai Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Provinsi Jawa Tengah)

Show full item record

Title: EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM KOMPUTERISASI TENAGA KERJA LUAR NEGERI (SISKOTKLN) DENGAN PENDEKATAN SYSTEM UTILITY (Studi Kasus : Balai Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Provinsi Jawa Tengah)
Author: Martoyo, Wildan Usama
Abstract: Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Di Luar Negeri atau lebih populer dikenal dengan SISKOTKLN merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk sistem pendataan bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) yang akan berangkat keluar negeri. SISKOTKLN mengintegrasikan Pemangku kepentingan terkait dengan penempatan TKI. Hasil akhir dari SISKOTKLN adalah Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) yang menjadi identitas serta bukti bahwa pelamar telah memenuhi prosedur dan kualifikasi sebagai TKI di luar negeri. Setelah diimplementasikan selama lima tahun, sistem ini belum pernah dievaluasi. Padahal evaluasi diperlukan sebagai umpan balik terhadap perbaikan sistem guna memberikan pertimbangan, masukan, dan perbaikan dari berbagai aspek. Seperti fitur aplikasi, kendala teknis implementasi, dan kebijakan pendukung. System Utility adalah pendekatan untuk mengevaluasi sistem informasi yang menekankan pada sudut pandang posession, form, place, time, actualization, dan goal. Pada penelitian ini dipilih pandang posession, goal dan place yang dianggap dapat mewakili kondisi utama dari implementasi sistem. Diharapkan hasil evaluasi ini dapat memberikan rekomendasi perbaikan sistem baik dari segi fitur aplikasi, sarana dan prasarana pendukung, serta kebijakan implementasi lainnya, sehingga dapat meningkatkan utilitas dari SISKOTKLN.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5925
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 241.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.170Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 135.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 73.45Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 170.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 82.31Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 71.56Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 160.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 2.095Mb PDF View/Open
Bab 3.pdf 865.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 201.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 641.6Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 105.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record