ANALISIS PERBANDINGAN LAYOUT GUDANG SAAT INI DENGAN USULAN DAN MENGHITUNG ONGKOS MATERIAL HANDLING (STUDI KASUS PADA PT.PG RAJAWALI I JATITUJUH)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN LAYOUT GUDANG SAAT INI DENGAN USULAN DAN MENGHITUNG ONGKOS MATERIAL HANDLING (STUDI KASUS PADA PT.PG RAJAWALI I JATITUJUH)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN LAYOUT GUDANG SAAT INI DENGAN USULAN DAN MENGHITUNG ONGKOS MATERIAL HANDLING (STUDI KASUS PADA PT.PG RAJAWALI I JATITUJUH)
Author: Nurseha, Muhammad Sigit Alimudin
Abstract: Penerapan tata letak gudang dan ongkos material handling pada perusahaan gula di PT. PG Rajawali 1 Jatitujuh dan mendapatkan desain gudang yang tertata dengan baik beserta biaya yang ekonomis pada perusahaan PT.PG Rajawali 1 Jatitujuh (Gula). Metode yang di gunakan adalah layout mapping dan ongkos material handling yaitu sebuah bagan Layout Mapping yang digunakan untuk merancang kegunaan gudang pada PT.PG Rajawali 1 Jatitujuh (Gula), yang bertujuan untuk mengefesienkan gudang serta tertatanya gudang tersebut, membuat Layuot mapping, melakukan pemeriksaan terhadap alat atau material yang menghalangi jalan atau gang di gudang, dan melakukan usulan atau perbaikan, serta meminimkan biaya atau ongkos material handling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa layout gudang pada perusahaan gula belum terkendali karena masih adanya beberapa material yang belum teratur serta biaya yang tinggi terhadap penggunaan tenaga kerja, hal ini menunjukan bahwa layout gudang untuk produk gula atau ragula masih mengalami kekurangan dan kerugian terhadap pemakaian tenaga kerja yang berlebih, sehingga perlu ada revisi atau perbaikan dalam sampelnya. Dari hasil pengujian setelah melakukan revisi, masih terdapat material yang harus dipindahkan, kesimpulannya adalah layout mapping dan ongkos material handling pada proses gudang produksi kurang baik. Perusahaan harus bisa menetapkan standar gudang dengan batas standar untuk tahun kedepannya sehingga dapat mengurangi material pendukung yang tidak teratur dan meminimalkan biaya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5898
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 99.86Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 501.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.01Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 88.51Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 155.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 104.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 158.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 1.045Mb PDF View/Open
Bab 3.pdf 115.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 611.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 155.6Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 107.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 150.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record