PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN RENTAL MOBIL MENGGUNAKAN SERVQUAL DAN MODEL KANO (STUDI DI RENTAL MOBIL CV B-SHUTTLE)

Widyatama Repository

PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN RENTAL MOBIL MENGGUNAKAN SERVQUAL DAN MODEL KANO (STUDI DI RENTAL MOBIL CV B-SHUTTLE)

Show full item record

Title: PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN RENTAL MOBIL MENGGUNAKAN SERVQUAL DAN MODEL KANO (STUDI DI RENTAL MOBIL CV B-SHUTTLE)
Author: Aldike, Gusti Galuh
Abstract: Berkembangnya dunia bisnis dewasa ini menuntut para pelaku bisnis mengembangkan inovasi dalam bisnisnya untuk meningkatkan kualitas produk, pelayanan dan pemasarannya. Merebaknya inovasi dalam bisnis telah membentuk paradigma persaingan yang berkembang secara dinamis. Paradigma persaingan ini telah bergeser dari persaingan yang bersifat material menuju persaingan pengembangan pengetahuan. Hal ini menuntut efisiensi dan efektivitas dalam peningkatan daya saing produk. Salah satu bisnis yang banyak dijalankan adalah usaha rental mobil dan juga dilakukan oleh salah satu perusahaan dengan nama B-Shuttle. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh CV B-shuttle saat ini dan untuk memberikan usulan peningkatan kualitas layanan di CV B-shuttle. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model kano. Metode ini digunakan karena dianggap sesuai dengan tujuan penelitian dengan hasil yang disajikan adalah usulan perbaikan dari atribut penelitian. Hasil penelitian secara keseluruhan kualitas pelayanan berdasarkan penelitian ini dikatakan belum maksimal, karena masih adanya atribut yang harus diperbaiki. Pernyataan tersebut menunjukan bahwa pelanggan belum menerima atribut-atribut yang disediakan oleh B-Shutle. Atribut yang perlu diperbaiki dalam Kano adalah Penampilan pegawai yang rapi dan menarik, Kebersihan interior dan eksterior mobil pada saat mobil diterima, ketepatan waktu delivery order, Harga yang diberikan terjangkau, dapat memberikan informasi dengan cepat, Staf dapat memberikan pelayanan administrasi secara cepat kepada konsumen, Kemampuan staf atau pegawai dalam menganalisis masalah, dan Staf mampu memahami dan peduli terhadap kebutuhan konsumen. Pada penelitian yang dilakukan dengan mengunakan servqual dan kano memang terjadi perbedaan atribut perbaikan, namun demikian perbaikan yang diusulkan oleh kedua metode tersebut tidak harus sama dan seluruhnya diperbaiki.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5885
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 55.32Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 390.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.19Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 122.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 120.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 158.9Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 108.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 104.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 75.87Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 235.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 130.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 603.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 59.84Kb PDF View/Open
Bab 6.pdf 40.68Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 63.60Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record