STUDI ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI APLIKASI COMMERCE MELALUI ASPEK KEGUNAAN, KEMUDAHAN, KENYAMANAN, DAN RISIKO UNTUK MENINGKATKAN PENGGUNA APLIKASI COMMERCE KOTA BANDUNG

Widyatama Repository

STUDI ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI APLIKASI COMMERCE MELALUI ASPEK KEGUNAAN, KEMUDAHAN, KENYAMANAN, DAN RISIKO UNTUK MENINGKATKAN PENGGUNA APLIKASI COMMERCE KOTA BANDUNG

Show full item record

Title: STUDI ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI APLIKASI COMMERCE MELALUI ASPEK KEGUNAAN, KEMUDAHAN, KENYAMANAN, DAN RISIKO UNTUK MENINGKATKAN PENGGUNA APLIKASI COMMERCE KOTA BANDUNG
Author: Shidik, Fajar
Abstract: Perkembangan jumlah pengguna smartphone di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup drastis dan signifikan. Menurut data Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2012 pengguna smartphone Indonesia sudah mencapai angka 50 juta pengguna aktif, tetapi sayangnya jumlah yang besar ini belum dimanfaatkan untuk sektor yang lebih bermanfaat seperti bisnis. Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan pertama kali oleh Davis sudah digunakan para peneliti sebelumnya sebagai alat untuk mengetahui penerimaan untuk menggunakan alat-alat teknologi. TAM pertama kali digunakan oleh davis hanya dengan menggunakan 2 variabel indikator tetapi seiring perkembangannya banyak peneliti yang mengembangkan model ini dengan menambahkan variabel lainnya. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian mengenai penerimaan teknologi appscommerce dalam smartphone dengan menggunakan variabel-variabel yang sudah teruji oleh peneliti sebelumnya dimana variabel tersebut yaitu kemudahan aplikasi, kegunaan aplikasi, kenyamanan aplikasi dan risiko aplikasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh kegunaan aplikasi terhadap penerimaan teknologi aplikasi commerce, (2) Menganalisis pengaruh kemudahan aplikasi terhadap penerimaan teknologi aplikasi commerce, (3) Menganalisis pengaruh kenyamanan aplikasi terhadap penerimaan teknologi aplikasi commerce, (4) Menganalisis pengaruh risiko aplikasi terhadap penerimaan teknologi aplikasi commerce. Penelitian ini menggunakan sampel pada user aktif pengguna smartphone yang berada di Kota Bandung dengan jumlah sampel responden sebanyak 156 user. Metode Analisis yang digunakan adalah Path Analysis dengan teknik structural equation model (SEM) dibantu oleh program lisrel 8.8 for student. Hasil dari analisis ini diketahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap penerimaan teknologi aplikasi commerce adalah kegunaan aplikasi dengan total pengaruh sebesar 0,51. Sedangkan kemudahan aplikasi, kenyamanan aplikasi dan risiko aplikasi berturut-turut memiliki total pengaruh sebesar 0,33; 0,34; (0,14). Atas dasar temuan tersebut penulis menyimpulkan alasan kenapa pengguna aplikasi commerce masih sedikit adalah karena user belum merasa bahwa aplikasi commerce saat ini memiliki daya guna lebih bagi penggunanya. Penelitian ini juga memberikan beberapa rekomendasi kepada penyedia apps-commerce untuk meningkatkan pengguna aplikasi commerce saat ini di antaranya membuat aplikasi yang lebih bermanfaat bagi pengguna yang ditinjau dari kecepatan aplikasi, kemudahan aplikasi, fitur-fitur pendukung lainnya atau bisa mengembangkan aplikasi melalui review aplikasi dari pelanggan, juga memberikan jaminan kepada user untuk mengurangi tingginya risiko berbelanja online. selain itu adanya fitur penghubung ke sosial media menjadi bagian cukup penting untuk aplikasi pada masa sekarang ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5872
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 99.11Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 888.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 112.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 158.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 106.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 100.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.53Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 98.84Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 357.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 549.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 292.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 690.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 116.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 236.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

  • Management [108]
    Koleksi Digital Tesis Program MM

Show full item record