PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN IKLAN PADA MEDIA TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ES KRIM WALLS MAGNUM BLACK EXPRESO DI UNIVERSITAS WIDYATAMA

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Dalam penelitian ini penulis mengambil judul ” Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Pada Media Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Walls Magnum black expreso di Universitas Widyatama ”. Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui penggaruh kualitas produk terhadap pembelian es krim walls magnum black expreso, untuk mengetahui pengaruh iklan pada media televisi terhadap keputusan pembelian es krim walls magnum black exprerso dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keputusan pembelian terhadap kualitas produk dan iklan pada media televisi. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survey dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuisioner. Kualitas produk dari es krim walls magnum dapat dikatakan baik, karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3.40 – 4.19, dan iklan pada media televisi pada es krim walls magnum dapat dikatakan baik, karena nilai rata-rata dari setiap pernyataan 3.40 – 4.19, keputusan pembelian produk es krim walls magnum black expreso di universitas widayatama dikatakan tinggi yaitu dengan presentase pembelian sebanyak 83%. Berdasarkan hasil Binary Logistic Regression melalui pengujian negelkerke R square mendapatkan hasil yaitu 0,266, artinya variabel keputusan pembelian (Y) dalam penelitian ini mampu dijelaskan oleh variable kualitas produk (X1) sebesar 26,6% sementara 73,4% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian ini. Atau, jika dijelaskan dengan cox and snell R Square dapat dijelaskan bahwa variable dependen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel independen (X) sebesar sebesar 15,9%, sementara sisannya 84.1%. dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil pengolahan data maka dapat dinyatakan bahwa koefisien variabel kualitas produk diperoleh sebesar 1,853 estimasi binary logistic regression memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,008, sedangkan variabel iklan diperoleh sebesar 0,535. Kinerja uji hipotesis dalam penelitian ini adalah Tolak Ho : b = 0 bila p-value > 0,05 dan diterima Ha = b ≠ 0 bila p-value <0,05. Karena kualitas produk tersebut hasilnya 0,008 < 0,05 sedangkan iklan hasilnya 0,360 > dari 0,05. memiliki nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima,artinya bahwa variabel “Kualitas Produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian es krim walls magnum di Universitas Widyatama Sedangkan Iklan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Description
Keywords
Kualitas Produk, Iklan, Keputusan Pembelian, Product Quality, Advertising, Buying Decision
Citation