TINJAUAN PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT KEPEMIMPINAN PEGAWAI NEGERI SIPIL KOTA BANDUNG TINGKAT III PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA BANDUNG

Widyatama Repository

TINJAUAN PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT KEPEMIMPINAN PEGAWAI NEGERI SIPIL KOTA BANDUNG TINGKAT III PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA BANDUNG

Show full item record

Title: TINJAUAN PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT KEPEMIMPINAN PEGAWAI NEGERI SIPIL KOTA BANDUNG TINGKAT III PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA BANDUNG
Author: Isnaeni, Desi
Abstract: Pada Tugas Akhir ini penulis mengambil judul Tinjauan Pelaksanaan Program Diklat Kepemimpinan Pegawai Negeri Sipil Kota Bandung Tingkat III pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bandung” Periode 2013-2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem penyelenggaraan untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan taktikal pada pejabat struktural eselon III yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing masing pada Diklatpim Tingkat III yang di selenggarakan oleh BKD Kota Bandung. Identifikasi masalahnya yaitu bagaimana proses perencanaan diklatpim, proses pelaksanaan diklatpim PNS tingkat III, dan faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan diklapim tingkat III di BKD kota Bandung. Dalam penyusunan tugas laporan ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yang berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diklatpim tingkat III yang di laksanakan di BKD kota bandung mempunyai 3 tahap proses perencanaan yaitu Perencanaan Pelaksanaan, Perencanaan Pembinaan, dan Perencanaan Pembiayaan Diklat. Mekanisme pelaksanaan diklapim tingkat III mempunyai 4 tahapan yang terdiri dari pelaksanaan Diklat, pembinaan Diklat, tahap evaluasi dan pelaporan Diklat. Untuk saat ini yang menjadi faktor yang di alami pada saat pelaksanaan diklatpim tingkat III antara lain berasal dari, penyampaian materi/kurikulum dan metode pengajarannya membosankan, dan tenaga pengajar/Widyaiswara atau para Pembina Diklat kurang memberikan semangat atau dorongan kepada peserta Diklat, sehingga saat pembelajaran dimulai suasana tidak kondusif dan para peserta cenderung tidak bergairah untuk mengikuti Diklat. Untuk saat ini solusi yang terbaik dalam mengatasi faktor-faktor yang terjadi yaitu antara lain penyusunan materi yang jangan hanya bersifat teori namun seimbang dengan metode yang bersifat prakitis, penyampaian materi yang tidak membosankan, dan widyaiswara perlu memberikan dorongan dan motivasi kepada para pesertanya agar terciptanya keadaan yang kondusif.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5827
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 57.46Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 21.97Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 236.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 63.73Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 123.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 174.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 177.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 228.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 247.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 96.17Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 135.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record