PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN CERVA STORE BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN CERVA STORE BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN CERVA STORE BANDUNG
Author: Hasan R., Moch. Syarif
Abstract: Pengguna produk fashion menjadikan merek sebagai salah satu pertimbangan penting ketika akan membeli suatu produk tersebut. Pertimbangan tersebut didasari oleh banyak aspek, baik aspek yang rasional maupun emosional. Secara rasional konsumen percaya bahwa merek tertentu bisa memberikan jaminan kualitas yang baik sedangkan secara emosional, merek tersebut dianggap mampu menjaga atau meningkatkan citra penggunanya. Penelitian ini berjudul Pengaruh Citra Merek terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Cerva Store Bandung. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen mengenai citra merek, untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen mengenai proses keputusan pembelian konsumen dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap proses keputusan pembelian konsumen Cerva Store Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif-verifikatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan konsumen mengenai citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra pemakai dan citra produk dapat dikatakan baik, karena memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,04. Tanggapan konsumen mengenai proses keputusan pembelian konsumen juga dapat dikatakan baik karena memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,90. Pengaruh citra merek terhadap proses keputusan pembelian konsumen Cerva Store berdasarkan perhitungan koefisien determinasi sebesar 30,2% dan sisanya 69,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis misalnya promosi atau store atmosphere. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan korelasi Pearson secara simultan diperoleh nilai sebesar 0,489 artinya terjadi korelasi yang sedang antara citra merek dengan proses keputusan pembelian konsumen, kemudian berdasarkan hasil perhitungan korelasi Pearson secara parsial diperoleh nilai sebesar 0,422 untuk sub variabel citra perusahaan, 0,411 untuk sub variabel citra pemakai dan 0,475 untuk sub variabel citra produk yang artinya terjadi korelasi yang sedang antara ketiga sub variabel tersebut dengan proses keputusan pembelian konsumen. Dari perhitungan uji hipotesis secara simultan, nilai thitung = 5,546 lebih besar dari ttabel = 1,985 ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima, artinya citra merek memiliki pengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji hipotesis secara parsial, untuk sub variabel citra perusahaan nilai thitung = 1,968 kurang dari ttabel = 1,985 berarti H0 diterima dan Ha ditolak, artinya citra perusahaan tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Untuk sub variabel citra pemakai nilai thitung = 2,315 lebih besar dari ttabel = 1,985 berarti H0 ditolak dan Ha diterima artinya citra pemakai memiliki pengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Dan untuk sub variabel citra produk nilai thitung = 2,296 lebih besar dari ttabel = 1,985 berarti H0 ditolak dan Ha diterima artinya citra produk memiliki pengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5819
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 104.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 408.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 112.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 216.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 114.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 112.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 103.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 235.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 375.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 409.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 648.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 118.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.59Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record