ANALISIS PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN, KOMPETENSI SOSIAL, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA DOSEN YANG BERKINERJA UNGGUL (Studi Kasus pada Dosen Fakultas Bisnis dan Manajemen di Universitas Widyatama)

Widyatama Repository

ANALISIS PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN, KOMPETENSI SOSIAL, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA DOSEN YANG BERKINERJA UNGGUL (Studi Kasus pada Dosen Fakultas Bisnis dan Manajemen di Universitas Widyatama)

Show full item record

Title: ANALISIS PROFIL KOMPETENSI KEPRIBADIAN, KOMPETENSI SOSIAL, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA DOSEN YANG BERKINERJA UNGGUL (Studi Kasus pada Dosen Fakultas Bisnis dan Manajemen di Universitas Widyatama)
Author: Octaviana, Yoana
Abstract: Yoana Octaviana. 0211U264, 2015. Judul penelitian “Analisis Profil Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Pada Dosen yang Berkinerja Unggul (Studi Kasus pada Dosen Fakultas Bisnis dan Manajemen di Universitas Widyatama)”. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Dyah Kusumastuti, Ir., M.Sc. Program Studi Manajemen S-1. Fakultas Bisnis dan Manajemen. Universitas Widyatama. Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh dosen dalam melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran/pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi profil kompetensi-kompetensi dosen melalui (kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik) yang menyebabkan dosen Fakultas Bisnis dan Manajemen berkinerja unggul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan komparatif. Sumber data yang digunakan data primer dengan cara wawancara, dan hasil kuesioner dan data sekunder dokumentasi institusi berupa jumlah dosen FBM, jumlah mahasiswa dsb. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 51 sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dengan menggunakan SPSS versi 17, dari hasil analisa dendogram pada akhirnya profil kompetensi dosen Fakultas Bisnis dan Manajemen di Universitas Universitas Widyatama dihasilkan adanya dua kelompok, cluster kelompok kompetensi tersebut yaitu, (1) kelompok dosen yang berkinerja unggul dalam melaksanakan tugas Tri Dharma perguruan tinggi, (2) kelompok dosen yang berkinerja rata-rata dalam melaksanakan tugas Tri Dharma perguruan tinggi. Kemudian berdasarkan analisis uji beda Man-Whitney menghasilkan delapan kompetensi yang menjadi pembeda dosen berkinerja unggul atau superior dalam melaksanakan tugas Tri Dharma perhuruan tinggi, kompetensinya terdiri dari: Kompetensi Kepribadian (komitmen), Kompetensi Sosial (membangun hubungan), Kompetensi Profesional (keahlian 1, keahlian 2, pengembangan keahlian, dan mencari informasi), dan Kompetensi Pedagogik (memahami kemampuan mahasiswa dan evaluasi). Dari hasil penelitian ini, penulis menyarankan bahwa untuk meningkatan kinerja yang unggul pada dosen dalam melaksanakan tugas Tri Dharma perguruan tinggi, maka kompetensi yang harus ditingkatkan adalah memiliki komitmen yang tinggi terhadap institusi, membangun hubungan dengan aktif dalam organisasi sosial maupun keilmuan, mempunyai keahlian bidang ilmu yang benar-benar dikuasai dan terus menggali pengetahuan baru, megembangkan keahlian dengan cara memberikan layanan profesional di luar institusi, memahami kemampuan mahasiwa, dan rutin melakukan evaluasi perkuliahan juga memanfaatkan hasil evaluasi tersebut.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5782
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 70.68Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 501.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 166.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 293.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 189.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 317.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 563.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 297.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 437.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 177.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record