PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survey pada PT. Yakjin Jaya, PT. Long Sun Indonesia, PT. Polyfin Canggih)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survey pada PT. Yakjin Jaya, PT. Long Sun Indonesia, PT. Polyfin Canggih)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survey pada PT. Yakjin Jaya, PT. Long Sun Indonesia, PT. Polyfin Canggih)
Author: Fitriani, Vivi Rahayu
Abstract: Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh professionalisme auditor internal terhadap kualitas laporan keuangan pada PT. Yakjin Jaya Indonesia, PT. Long Sun Indonesia, PT. Polyfin Canggih. Auditor internal merupakan profesi yang bekerja dalam perusahaan dengan tuntutan agar dapat memberikan nilai tambah (value added) bagi manajemen perusahaan. Tugas internal auditor ini adalah tidak hanya mencakup audit keuangan saja tetapi juga audit ketaatan dan operasional perusahaan, dengan demikian profesi ini bertanggung jawab terhadap kebijakan-kebijakan perusahaan agar dapat berjalan efektif, sehingga laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan memiliki kualitas yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara dengan pihakpihak yang berkepentingan dalam perusahaan sesuai dengan tujuan penelitian. Data digunakan dengan metode dengan regresi linear sederhana dengan bantuan alat uji SPSS versi 19.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa professionalisme auditor internal pada PT. Yakjin Jaya Indonesia, PT. Long Sun Indonesia, PT. Polyfin Canggih memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Hasil statistik menunjukan bahwa tingkat signifikansi variabel professionalism auditor internal terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa variabilitas kualitas laporan keuangan mampu dijelaskan oleh variabel professionalisme auditor internal sebesar 47,1%. Sesuai obeservasi yang dilakukan oleh peneliti dan hasil jawaban kuesioner bahwa diperlukan pelatihan yang terencana dalam rangka mengembangkan kompetensi para auditor internal di ketiga perusahaan tersebut serta melakukan pengembangan sistem pengendalian berbasis ISO. Dan untuk peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian serupa di industri lainnya sebagai penelitian verifikasi dikemudian hari.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5779
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 33.82Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 738.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 60.19Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 95.43Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 86.41Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 86.71Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 61.65Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 46.13Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 115.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 175.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 201.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 271.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 78.38Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 50.47Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record