PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat, Pemerintah Daerah Kota Bandung, dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat, Pemerintah Daerah Kota Bandung, dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Survei Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat, Pemerintah Daerah Kota Bandung, dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat)
Author: Nurussalam, Verra Aprillia
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum baiknya kualitas laporan keuangan pemerintah daerah khususnya pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Provinsi Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan good governance dan standar akuntansi pemerintahan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori, yang mana informasi dan data diperoleh dari responden dengan mengunakan kuesioner. Penelitian dilakukan pada 3 pemerintah daerah yaitu pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat, pemerintah daerah Kota Bandung, dan pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat sebagai sampelnya. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS for Windows version 20.00. Berdasarkan hasil penelitian ini, secara parsial dapat disimpulkan bahwa penerapan good governance berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 23,8% dan standar akuntansi pemerintahan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sebesar 35,9%. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan pemerintah daerah dapat meningkatkan lagi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan memenuhi prinsip-prinsip good governance dan sebaiknya harus tetap sesuai dengan standar akuntansi pemeritahan sebagai pedoman dalam penyajian laporan keuangan pemerintah daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5775
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 36.13Kb PDF View/Open
Lembaran pengesahan.pdf 10.93Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 316.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 115.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 110.9Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.0Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 258.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 286.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 369.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 826.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 180.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record