PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Survei di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Survei di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Survei di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang)
Author: Megawati, Teti
Abstract: Pajak berperan sangat penting untuk membiayai pengeluaran negara, baik pengeluaran rutin maupun pengeluaran pembangunan. Namun terlepas dari kesadaran sebagai warga negara, sebagian besar masyarakat tidak memenuhi kewajiban membayar pajak. Tingkat kepatuhan wajib pajak di Indonesia hingga saat ini masih sangat minim. Pada tahun 2013, jumlah potensi wajib pajak orang pribadi di Indonesia sekitar 60 juta orang namun yang terdaftar hanya sekitar 23 juta orang dengan sekitar 17 juta yang wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan, sedangkan yang patuh melaporkan SPT baru sekitar 10 juta (Fuad Rahmany, 2014). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang, mengetahui tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang, dan mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksplanatori. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi, dan analisis koefisien determinasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pada tingkat signifikansi 5%. Pengolahan data dibantu dengan menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) v.21.1. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang. Kepatuhan wajib pajak yang masih kurang baik atau rendah disebabkan oleh penyelesaian pengurusan pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang kurang tepat waktu sebagaimana dijanjikan petugas pajak/fiskus dan kurangnya keamanan wajib pajak saat menggunakan sistem elektronik perpajakan seperti e-Registration, e-SPT, dan e-Filing.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5771
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.87Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 484.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 223.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 110.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.3Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 176.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 244.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 360.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 575.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 81.10Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record