PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN KOMPETENSI STAF AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN DAERAH (Studi Empiris pada Pemerintahan Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN KOMPETENSI STAF AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN DAERAH (Studi Empiris pada Pemerintahan Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN KOMPETENSI STAF AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN DAERAH (Studi Empiris pada Pemerintahan Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Provinsi Jawa Barat)
Author: Pradipta, Sony
Abstract: Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dan kompetensi staf akuntansi merupakan salah satu faktor terpenting dalam penyusunan laporan keuangan agar terciptanya laporan keuangan yang memiliki kualitas nilai informasi yang baik sehingga dapat digunakan oleh pengguna informasi laporan keuangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, kompetensi staf akuntansi dan kualitas laporan keuangan pemerintahan daerah. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksplanatori, dimana penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan menggunakan kuesioner dan kepustakaan. Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, kompetensi staf akuntansi dan kualitas laporan keuangan pemerintahan daerah pada Pemerintahan Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Provinsi Jawa Barat telah dilaksanakan dengan baik karena masing-masing nilai berada pada kategori baik. Secara parsial Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintahan daerah dan memiliki hubungan yang kuat, sedangkan kompetensi staf akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintahan daerah berpengaruh serta ada hubungan yang sedang. Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dan kompetensi staf akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintahan daerah secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan yang memiliki hubungan sangat kuat. Pemerintahan daerah perlu mengklasifikasikan dan menghitung kembali aset tetap yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintahan daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5765
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 94.46Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 811.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 91.05Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 38.19Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.64Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.00Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.05Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 177.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 338.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 356.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 718.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 104.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 107.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record