PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)

Widyatama Repository

PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)

Show full item record

Title: PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013)
Author: Ginting, Shella Oktobriana
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh asimetri informasi, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap earnings management . Pada penelitian ini, asimetri informasi diukur dengan menggunakan bid-ask spread (quotes), profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio return on asset, ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan logaritma natural (ln) dari total asset dan earnings management diukur dengan menggunakan discretionary accruals. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data sekunder yaitu data berasal dari laporan keuangan perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini terdiri dari 36 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi dengan periode pengamatan mulai dari periode 2011-2013. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil purposive sampling diperoleh 30 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2013 yang memenuhi kriteria sampel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Asimetri informasi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap earnings management (2) Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap earnings management. Hal ini berarti setiap perubahan yang terjadi pada profitabilitas berbanding terbalik terhadap earnings management (3) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap earnings management. Sedangkan secara simultan asimetri informasi, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap earnings management. Penulis menyarankan agar investor mempertimbangkan tingkat profitabilitas dalam pengambilan keputusan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5763
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.88Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 210.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 113.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 177.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 179.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 108.8Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 272.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 727.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 406.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 958.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 109.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 132.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record