PENGARUH WORKING CAPITAL TURNOVER DAN QUICK RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi Kasus Pada PT ANTAM,Tbk Periode Tahun 2007 Triwulan ke 2 Sampai Dengan Tahun 2014 Triwulan ke 3)

Widyatama Repository

PENGARUH WORKING CAPITAL TURNOVER DAN QUICK RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi Kasus Pada PT ANTAM,Tbk Periode Tahun 2007 Triwulan ke 2 Sampai Dengan Tahun 2014 Triwulan ke 3)

Show full item record

Title: PENGARUH WORKING CAPITAL TURNOVER DAN QUICK RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET (Studi Kasus Pada PT ANTAM,Tbk Periode Tahun 2007 Triwulan ke 2 Sampai Dengan Tahun 2014 Triwulan ke 3)
Author: Fitaloka, Sarah
Abstract: Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran bagi pemegang sahamnya. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan meningkatkan profitabilitas perusahaan. Seluruh sumberdaya perusahaan harus digerakan untuk memperoleh proitabilitas. PT Aneka Tambang Tbk. Atau yang biasa disebut dengan PT Antam merupakan perusahaan pertambangan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia (65%) dan masyarakat (35%) PT Antam didirikan pada tanggal 5 Juli 1968. Kegiatan Antam mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari sumber daya mineral. Laba bersih PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) sepanjang 2013 anjlok 86,29% dari sebelumnya sebesar Rp2,99 triliun menjadi Rp409,94 miliar. Dalam laporan keuangan perseroan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), terungkap bahwa anjloknya laba bersih akibat meningkatnya beban, tidak adanya keuntungan atas penyesuaian nilai wajar dan dividen seperti tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja (Working Capital Turnover) dan Quick Ratio terhadap Return On Asset.Variabel dalam penelitian ini adalah perputaran modal kerja (Working Capital Turnver) dan Quick Ratio sebagai variabel independen dan Return On Asset sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT ANTAM triwulan ke 2 tahhun 2007 sampai dengan triwulan ke 3 tahun 2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif signifikan antara modal kerja terhadap profitabilitas sedangkan likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap profitabilitas. Profitabilitas menunjukan keunggulan perusahaan dalam persaingan bisnis. Semakin tinggi tingkat profitabilitas maka kinerja perusahaan semakin baik. Efesiensi modal kerja sangat diperlukan untuk mencapai keunggulan persaingan tersebut sehingga para calon investor yang ingin berinvestasi pada perusahaan Aneka Tambang hendaknya memperhatikan variabel modal kerja dan likuiditas terutama yang memberikan profitabilitas tinggi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5760
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 95.99Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 381.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.10Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 173.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 136.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 223.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 587.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 699.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 388.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 187.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 105.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record