PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PINJAMAN MODAL KERJA DI PT. BANK SAHABAT SAMPOERNA CABANG BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pinjaman Modal Kerja di PT. Bank Sahabat Sampoerna Cabang Bandung”. Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui Personal Selling produk Pinjaman Modal Kerja di Bank Sahabat Sampoerna Cabang Bandung, untuk mengetahui Keputusan Pembelian produk Pinjaman Modal Kerja di PT. Bank Sahabat Sampoerna dan untuk mengetahui besarnya pengaruh Personal Seling terhadap Keputusan Pembelian Pinjaman Modal Kerja di PT. Bank Sahabat Sampoerna Cabang Bandung. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan survey dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Personal Selling yang dilakukan di PT. Bank Sahabat Sampoerna Cabang Bandung dapat dikatakan baik karena nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan adalah sebesar 3.40 – 4.19, Keputusan Pembelian produk Pinjaman Modal Kerja di PT. Bank Sahabat Sampoerna Cabang Bandung dapa dikatakan tinggi yaitu dengan presentase pembelian sebanyak 90,3%. Berdasarkan hasil perhitungan Binary Logistik Regression melalui pengujian Nagelkerke R Square mendapatkan hasil yaitu 0,760, artinya variabel Keputusan Pembelian (Y) dalam penelitian ini mampu dijelaskan oleh variabel Personal Selling (X) sebesar 76% sementara sisanya 24% dapat dijelaskan oleh variabel – variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian ini. Atau, jika dijelaskan dengan Cox and Snell R Square dapat dijelaskan bahwa variabel dependen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel independen (X) sebesar 36,5% sementara sisanya 63,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil pengolahan data maka dapat dinyatakan bahwa koefisien variabel Personal Selling diperoleh sebesar 0,457 estimasi Binary Logistic Regression memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,030. Karena model tersebut memiliki nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa variabel “Personal Selling berpengaruh dan signifikansi terhadap Keputusan Pembelian Produk Pinjaman Modal Kerja di PT. Bank Sahabat Sampoerna Cabang Bandung”.
Description
Keywords
Personal Selling, Keputusan Pembelian, Buying Decision
Citation