PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SHOPPING MOTIVATION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL KOSAMBI BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SHOPPING MOTIVATION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL KOSAMBI BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SHOPPING MOTIVATION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL KOSAMBI BANDUNG
Author: Kontjara, Karibia
Abstract: Dalam penelitian penulis yang berjudul : Store Atmosphere dan Shopping Motivation Terhadap Loyalitas Konsumen di Pasar Tradisional Kosambi Bandung. Dimana tujuan penulisan adalah ingin mengetahui kebijakan Store Atmosphere yang diterapkan dan motif berbelanja di Pasar Kosambi dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Store Atmosphere dan Shopping Motivation Terhadap Loyalitas di Pasar Tradisional Kosambi. Ruang lingkup penelitian ini hanya mengenai pengaruh Store Atmosphere dan Shopping Motivation Terhadap Loyalitas di Pasar Tradisional Kosambi Bandung. Penelitian ini menggunakan metode verifikatif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik T dan uji statistik F. Dari hasil pengujian tersebut dapat ditarik kesimpulan apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak. Sedangkan alat penelitian yang digunakan (kuesioner) sudah diuji terlebih dahulu mengenai validitas (kesahian butir) dan realibilitasnya. Untuk rumus korelasi digunakan produk moment dengan α = 0,05, sedangkan dalam uji realibilitas menggunakan program bantu SPSS 17 (Cronbach’s Alpha). Dalam penelitian ini, penulis menyebarkan 110 kuesioner kepada 110 orang konsumen yang ada di pasar kosambi. Data yang diperoleh berupa data ordinal. Sedangkan korelasi yang digunakan adalah median. Untuk uji validitas dan realibilitasnya pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner yang disebarkan sudah cukup baik karena mempunyai realibilitas 0,859 untuk variabel X1, 0,726 untuk variabel X2 dan 0,782 untuk variabel Y, dimana ketiganya lebih besar dari taraf siginifikansi 0,6. Hasil penelitian pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas konsumen di Pasar Kosambi Bandung secara parsial di lihat dari Thitung sebesar 3,848 yang artinya lebih besar dari Ttabel sebesar 1,982, maka terdapat pengaruh secara parsial dari variabel store atmosphere (X1) terhadap loyalitas konsumen (Y). Hasil penelitian secara parsial variabel shopping motivation terhadap loyalitas di Pasar Kosambi Bandung, dapat dilihat dari nilai Thitung sebesar 2,242 > Ttabel sebesar 1,982, yang artinya terdapat pengaruh secara parsial antara variabel shopping motivation (X2) terhadap loyalitas konsumen (Y). Hasil penelitian secara simultan variabel store atmosphere dan shopping motivation terhadap loyalitas konsumen di Pasar Kosambi Bandung, dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 10,990 > 3,08. Hasil uji regresi berganda pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan yaitu store atmosphere dan shopping motivation berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen secara simultan. Sementara itu, ada juga variabel atau faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini yang bisa berpengaruh juga terhadap loyalitas konsumen. Besarnya pengaruh secara proporsional yang disebabkan oleh variabel lain di luar kedua variabel tersebut sebesar 83,0% atau bisa dikatakan tinggi/kuat. Dari hasil penelitian korelasi diketahui bahwa pengaruh store atmosphere (X1) lebih besar terhadap loyalitas yaitu 0,399 dibandingkan dengan variabel shopping motivation (X2) yaitu 0,232. Dengan kata lain, peran store atmosphere di dalam pasar Kosambi dalam mempengaruhi loyalitas konsumen lebih besar jika dibandingkan dengan shopping motivation.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5724
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.751Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 160.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 210.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 203.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 112.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.56Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 98.99Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 240.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 360.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 467.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 718.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 180.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 173.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record