PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR WIDYATAMA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR WIDYATAMA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR WIDYATAMA BANDUNG
Author: Siregar, Joris Cirago
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang membentuk gaya kepemimpinan (gaya mengajar) dosen dan bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap gaya kepemimpinan dosen, faktor yang membentuk pengalaman mengajar dan bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap pengalaman mengajar dosen, faktor yang membentuk efektivitas dan bagaimana tanggapan mahasiswa mengenai efektivitas proses belajar mengajar, seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan pengalaman mengajar terhadap efektivitas proses belajar mengajar. Objek penelitian mengambil lokasi di Universitas Widyatama Bandung, adapun yang menjadi objek penelitian sebagai variabel independent yaitu gaya kepemimpinan dengan indikator (mempengaruhi orang lain (memotivasi dan memberikan inspirasi), memberi imbalan dan dukungan, mengembangkan dan membimbing) dan pengalaman, mengajar dengan indikator (lama waktu/masa kerja, tingkat pengetahuan dan keterampilan, dan penguasaan terhadap pekerjaan dan peralatan) dan variabel dependent yaitu efektivitas dengan indikator (kualitas, kuantitas, dan waktu). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Widyatama dengan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling, dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian yaitu faktor yang paling berpengaruh terhadap gaya kepemimpinan adalah efektivitas proses belajar mengajar yang menunjukkan hasil koefisien jalur berpengaruh signifikan. Peneliti menyimpulkan hasil pengolahan data rekapitulasi gaya kepemimpinan (gaya mengajar) dengan nilai tertinggi adalah tanggapan responden bahwa gaya mengajar (dosen) dapat mengembangkan potensi mahasiswa dalam perkuliahan dapat dikategorikan sangat baik. Hal ini disebabkan karena dalam mengembangkan potensi belajar mahasiswa adalah tugas dari pengajar (dosen) yaitu dengan cara memotivasi dan memberikan dukungan agar potensi mahasiswa dapat terlihat melalui prestasi belajar didalam perkuliahan, hasil pengolahan data rekapitulasi pengalaman mengajar dengan nilai tertinggi adalah tanggapan responden bahwa pengajar (dosen) memahami materi-materi perkuliahan saat mengajar dikelas dapat dikategorikan sangat baik. Hal ini dikarenakan semua pengajar (dosen) sudah memahami materi-materi sebelum perkuliahan dimulai melalui pengalaman yang dimiliki pengajar (dosen) selama mengajar, hasil pengolahan data rekapitulasi efektivitas proses belajar mengajar dengan nilai tertinggi adalah tanggapan responden bahwa mahasiswa memahami materi perkuliahan yang disampaikan pengajar (dosen) dapat dikategorikan sangat baik. Hal ini disebabkan karena pengetahuan dan wawasan yang dimiliki pengajar (dosen) sudah sesuai dengan SAP dan membuat mahasiswa memahami dengan sangat baik materi-materi perkuliahan yang disampaikan oleh pengajar (dosen). Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu pengajar (dosen) harus bisa memotivasi, menginspirasi, memberikan dukungan, dan membimbing agar mahasiswa terdorong untuk semangat dalam perkuliahan, dan nilai setiap mata kuliah yang diberikan juga dapat mempengaruhi semangat belajar mahasiswa, oleh karena itu ketelitian dibutuhkan agar tidak adanya kesalahan dalam memberikan nilai di perkuliahan. Pengetahuan dan informasi yang dimiliki pengajar (dosen) harus membuat mahasiswa terdorong untuk semangat dalam belajar dan membuat efektivitas proses belajar mengajar menjadi tinggi, karena semakin banyaknya pengalaman mengajar yang dimiliki khususnya dosen senior (dosen yang memiliki pengalaman lebih) harus mau membagikan ilmu dan informasi yang diperolehnya selama mengajar. Semua itu sesuai dengan tugas dosen yang utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat salah satunya mahasiswa.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5723
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.07Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 231.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.91Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 26.96Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.91Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.01Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.94Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 25.06Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.48Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 76.77Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 159.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 235.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.95Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.52Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record