ANALISA PERBANDINGAN MODEL ALTMAN Z SCORE, MODEL SPRINGATE, DAN MODEL ZMIJEWSKI UNTUK PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERLAKUKAN UU NOMOR 4 TAHUN 2009 TENTANG PERTAMBANGAN MINERAL DAN BATUBARA (MINERBA)

Widyatama Repository

ANALISA PERBANDINGAN MODEL ALTMAN Z SCORE, MODEL SPRINGATE, DAN MODEL ZMIJEWSKI UNTUK PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERLAKUKAN UU NOMOR 4 TAHUN 2009 TENTANG PERTAMBANGAN MINERAL DAN BATUBARA (MINERBA)

Show full item record

Title: ANALISA PERBANDINGAN MODEL ALTMAN Z SCORE, MODEL SPRINGATE, DAN MODEL ZMIJEWSKI UNTUK PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERLAKUKAN UU NOMOR 4 TAHUN 2009 TENTANG PERTAMBANGAN MINERAL DAN BATUBARA (MINERBA)
Author: Yuliana, Annisa
Abstract: Pemerintah mengeluarkan peraturan baru untuk industri sektor pertambangan yang dibentuk dalam Undang-Undang yaitu UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) bahwa pemegang IUP harus melakukan pengolahan dan pemurnian hasil penambangan di dalam negeri. Namun, pemurnian di dalam negeri secara ekonomis merupakan pukulan bagi industri pertambangan. Kapasitas fasilitas yang ada masih kecil dan pembangunan smelter baru memakan biaya besar dimana perusahaan beresiko mengalami financial distress. Financial distress merupakan kondisi dimana keuangan perusahaan sedang dalam keadaan tidak sehat. Untuk mengetahui apakah terjadi financial distress pada perusahaan dapat menggunakan model Altman Z- Score, Springate, dan Zmijewski. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan, prediksi, konsistensi, dan perbedaan model Altman, Springate, dan Zmijewski sebelum dan sesudah Undang-Undang Minerba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif dengan alat analisis uji paired dan uji anova dengan menggunakan program SPSS 20.00. Pengujian hipotesis menggunakan uji t untuk hipotesis uji paired dan uji F untuk hipotesis uji anova. Menghitung masing-masing prediksi kebangkrutan pada setiap perusahaan yang berjumlah 6 perusahaan pertambangan yang memiliki laba negatif periode 2007-2013 di BEI. Hasil penelitian menunjukkan terdapat konsistensi prediksi yang signifikan dari periode ke periode untuk model Altman dan Zmijewski, kecuali model Springate. Pada uji beda untuk masing-masing model sebelum dan sesudah UU Minerba, menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan. Namun hasil uji beda untuk keseluruhan model menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada sebelum UU Minerba dan sesudah UU Minerba. Hasil dari penelitian mendukung penelitian yang dilakukan oleh Komang Devi (2014) dan Mila Fatmawati (2012) yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan potensi kebangkrutan model Altman, model Springate dan model Zmijewski, namun belum ada penelitian tentang UU Minerba sebelumnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5689
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 89.09Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 261.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 182.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 288.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 184.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 174.3Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 100.9Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 294.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 339.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 313.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.098Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 109.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 102.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record