PENGARUH KUALITAS AUDIT INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Survey pada beberapa BUMN di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS AUDIT INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Survey pada beberapa BUMN di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS AUDIT INTERNAL TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Survey pada beberapa BUMN di Kota Bandung)
Author: Ariefiansyah, Riefki
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah mencari jawaban atas bagaimana gambaran kualitas audit internal, penerapan good corporate governance, dan bagaimana pengaruh kualitas audit internal terhadap penerapan good corporate governance pada BUMN di Kota Bandung yaitu PT. Kereta Api Indonesia, PT. Perkebunan Nusantara VIII, dan PT. Pos Indonesia. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah kualitas audit internal sebagai variabel independen. Sedangkan penerapan good corporate governance sebagai variabel dependen. Kerangka pemikiran (hipotesis) penelitian ini yaitu untuk menguji hipotesis pengaruh kualitas audit internal terhadap penerapan good corporate governance berdasrakan landasan teori dan pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana. Hipotesis menunjukan kualitas audit internal tidak berpengaruh terhadap penerapan good corporate governance (Ho) atau kualitas audit internal berpengaruh terhadap penerapan good corporate governance (Ha). Tujuan penelitia metode survey, sedangkan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa perusahaan BUMN di Kota Bandung yang terdiri dari PT. Kereta Api Indonesia, PT. Perkebunan Nusantara VIII, dan PT. Pos Indonesia. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai dimana semua anggota populasi dijadikan sampel dikarenakan jumlah populasi kurang dari 30 buah. Sedangkan responden dalam penelitian ini adalah auditor internal dari masing-masing sampel yang berada di bagian Satuan Pengawas Internal (SPI) yang berjumlah 82 orang. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 19.00. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas audit internal dalam kategori sangat baik. Namun dalam hal ini masih adanya beberapa yang perlu ditingkatkan diantaranya objektivitas, kompetensi, dan kinerja pekerjaan auditor internal dalam melaksanakan tugas auditnya. Sedangkan penerapan good corporate governance termasuk kedalam ketgori sangat baik. Namun dalam hal ini masih adanya beberapa yang perlu ditingkatkan diantaranya transparansi, pertanggungjawaban, dan kewajaran perusahaan dalam menjalankan aktivitas operasional perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa kualitas audit internal berpengaruh secara signifikan terhadap variabel penerapan good corporate governance. Semakin tinggi kualitas audit internal, maka akan semakin tinggi pula penerapan good corporate governance yang dilakukan suatu perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5680
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.33Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 129.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 35.47Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 168.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.5Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.88Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 192.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 288.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 459.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 560.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 113.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 101.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record