PENGARUH LABA BERSIH DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP KEBIJAKAN PEMBAGIAN DIVIDEN KAS (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Industry Basic and Chemicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013)

Widyatama Repository

PENGARUH LABA BERSIH DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP KEBIJAKAN PEMBAGIAN DIVIDEN KAS (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Industry Basic and Chemicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013)

Show full item record

Title: PENGARUH LABA BERSIH DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP KEBIJAKAN PEMBAGIAN DIVIDEN KAS (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Industry Basic and Chemicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013)
Author: Fernandez, Ricky Ryan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laba bersih dan arus kas operasi terhadap kebijakan pembagian dividen kas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur industry basic and chemicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2013. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling atau teknik pengambilan dengan kriteria tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatory. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan penelitian kepustakaan. Variabel penelitian ini terdiri dari laba bersih (X1) dan arus kas operasi (X2), sebagai variabel independen serta kebijakan pembagian dividen kas (Y) sebagai variabel dependen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis asumsi klasik, regresi linier berganda, korelasi, determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara laba bersih terhadap kebijakan pembagian dividen kas. Besarnya pengaruh sebesar 67,9%. Begitupun dengan arus kas operasi terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan pembagian dividen kas. Besarnya pengaruh sebesar 54%. Selanjutnya secara simultan laba bersih dan arus kas operasi berpengaruh secara signifikan terhadap kebijakan pembagian dividen kas sebesar 69,2%. Saran bagi dewan komisaris, dalam menentukan pembagian dividen kas sebaiknya memperhatikan laba bersih dan arus kas operasi karena dari hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat menambah variabel lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5679
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 24.53Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 407.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 230.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 212.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 276.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.80Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 259.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 463.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 362.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 407.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 112.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record