PENGARUH PERAN INSPEKTORAT TERHADAP PENGELOLAAN PENDAPATAN RETRIBUSI DAERAH PADA PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka)

Widyatama Repository

PENGARUH PERAN INSPEKTORAT TERHADAP PENGELOLAAN PENDAPATAN RETRIBUSI DAERAH PADA PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka)

Show full item record

Title: PENGARUH PERAN INSPEKTORAT TERHADAP PENGELOLAAN PENDAPATAN RETRIBUSI DAERAH PADA PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka)
Author: Pratama, Rezka Bachtiar
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Peran Inspektorat pada Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka dan mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap Pengelolaan Pendapatan Retribusi Daerah. Inspektorat adalah teknis daerah berbentuk badan, merupakan unsur penunjang pemerintah daerah di bidang pengawasan yang dipimpin oleh seorang kepala badan disebut inspektur yang melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintah di daerah provinsi, pelaksanaan pembinaan dan penyelenggaraan pemerintah daerah kabupaten atau kota dan pelaksanaan urusan pemerintah di daerah kabupaten atau kota. Tujuan inspektorat yaitu mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab melalui pengawasan yang profesional sehingga dapat membantu pemerintah dalam pengelolaan pendapatan retribusi daerah agar berjalan sesuai dengan rencana dan kebijakan yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pihak yang berkepentingan kemudian diolah serta dianalisis guna mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel yakni, Pengaruh Peran Inspektorat dan Pengelolaan Pendapatan Retribusi Daerah apakah berpengaruh signifikan atau tidak. Hasil penelitian ini disimpulkan adanya hubungan antara peran inspektorat terhadap pengelolaan pendapatan retribusi daerah dengan perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai r1 sebesar 0,872 dan koefisien determinasinya sebesar 76,1%. Dari hasil statistik uji t, dapat dilihat bahwa thitung 10,100 > ttabel 2,042 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh peran inspektorat terhadap pengelolaan pendapatan retribusi daerah pada pemerintah Kabupaten Majalengka.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5677
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.60Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 130.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 168.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 115.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 101.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 279.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 486.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 441.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 183.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 160.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record